Home > Berita > Umum

Karo Rena Polda Sumut Tinjau Kantor Polres Palas

Karo Rena Polda Sumut Tinjau Kantor Polres Palas
Karo Rena Poldasu Kombes Pol Rochiyanto bersama rombongannya saat meninjau kantor Polres Palas.
Jum'at, 17 Februari 2017 17:39 WIB
Penulis: Sufriady Halomoan
PADANG LAWAS - Karo Rena Polisi Daerah Sumatera Utara (Poldasu) Kombes Pol Rochiyanto bersama jajarannya melakukan peninjauan persiapan Polres Kabupaten Padang Lawas (Palas), Jumat (17/2/2017).Di lokasi rencana Kantor Polres Palas itu, Karo Rena Poldasu Kombes Pol Rochiyanto menyatakan, bangunan tersebut cukup bagus, sangat starategis dan arealnya cukup luas yakni mencapai lima hektar.

“Kedatangan kami kemari untuk meninjau sekaligus mengumpulkan informasi-informasi, kemudian akan melakukan pengkajian terhadap rencana Polres Palas, dan selanjutnya akan diusulkan ke Mabes Polri,” ungkap Karo Rena Poldasu Kombes Pol Rochiyanto dalam jumpa persnya.

Rencananya, sebut Rochiyanto, sesuai perintah dan arahan Kapoldasu, sebaiknya satu polres hanya membawahi dua kabupaten/kota saja. Misalnya, satu Polres membawahi Kota Padang Sidempuan dan Kabupaten Tapsel, dan satu Polres lagi membawahi Kabupaten Palas dan Kabupaten Padang Lawas Utara.

Ads
“Itulah yang saat ini masih kita cari informasi-informasinya dan mendapat pengkajian lebih matang, selanjutnya rencana tersebutlah yang akan kita usulkan ke Mabes Polri untuk diproses di tingkat pusat,” ungkapnya.

Mengenai jumlah personel, Rochiyanto menjelaskan, secara umum masih banyak kekurangan, karena adanya kebijakan pemerintah untuk mengurangi anggaran Polri. Jadi, pihak kepolisian tidak menambah personel lagi, kecuali untuk menggantikan personel yang pensiun dan personel di pengembangan wilayah.

“Kalau yang kita minta penambahan Polres baru, otomatis personelnya diambil dari Polda dan Polres-Polres lain, tapi kalau hanya menata ulang, Polres yang ada dua sekarang ini di Kota Padang Sidempuan itu, kita geser aja ke sini satu. Masalah personelnya bisa dilaksanakan proses mutasi, yang jelas kekuatannya akan kita seimbangkan dengan kebutuhan,” tegasnya.

Rochiyanto juga mengungkapkan, pihaknya belum berani mengusulkan perumahan personel, sebelum ada kepastian lahan yang sudah disertifikatkan dan dari Mabes Polri.

Sementara itu, Wabup Palas H Ahmad Zarnawi Pasaribu menegaskan, Pemkab Palas siap membangun perumahan untuk personel polres berikut dengan sarana prasarana yang dibutuhkan.

“Karena berdirinya Polres Palas itu sudah lama dinantikan masyarakat Palas, demi terciptanya kondisi keamanan dan kenyamanan ditengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.
Editor:Fatih
Kategori:Umum, Peristiwa, Hukrim, Pemerintahan, Padang Lawas
wwwwww