Unsyiah Serahkan Rumah Ramah Gempa untuk Pijay

Unsyiah Serahkan Rumah Ramah Gempa untuk Pijay
Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) serahkan rumah ramah gempa untuk korban gempa di Desa Paro Keude, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya (Pijay).
Kamis, 16 Februari 2017 14:02 WIB
Penulis: RLS

PIDIE JAYA - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menyerahkan rumah ramah gempa untuk korban gempa di Desa Paro Keude, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya (Pijay). Rumah bantuan tersebut diserahkan Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng kepada warga korban gempa yang bernama M Hasan Ahmad dan disaksikan Bupati Pijay Aiyub Abbas, dan Wakil Bupati Pijay, Said Mulyadi.

“Rumah yang diberikan hanya 1 unit sebagai rumah contoh yang memenuhi standar untuk provinsi Aceh yang memang rawan terhadap gempa,” ujar Rektor Unsyiah.

Ia menjelaskan, rumah ramah gempa ini merupakan rumah yang dibuat oleh peneliti dari Fakultas Teknik Unsyiah dengan konsep rumah yang adaptif terhadap gempa. Setiap kabupaten/kota di Aceh memiliki rumah dhuafa, namun kualitasnya sangat tergantung kepada kemampuan kontraktor yang membangunnya. Oleh sebab itu, Unsyiah mencoba untuk menawarkan konsep rumah yang standar dengan karakteristik utamanya adalah adaptif terhadap gempa.

“Ya mudah-mudahan rumah ini bisa digunakan dan sebagai bentuk pengabdian Unsyiah terhadap masyarakat,” kata Prof Samsul.

Ads
Satu Unit Rumah Rp 70 juta

Ketua Tim Peneliti Rumah Ramah Gempa Unsyiah, Dr Ir Abdullah MSc mengungkapkan, biaya pembuatan 1 unit rumah ramah gempa Unsyiah adalah Rp 70-85 juta. Besaran rumah ini sangat tergantung dari bahan finishing-nya.

Editor:Wewen
Kategori:Pendidikan, Gonews Group, Sumatera Utara
wwwwww