MEDAN - Pelaku kejahatan jalanan seolah tidak takut mendekam di balik jeruji besi, ataupun ancaman 'dimatikan' masa yang geram melihat aksi nekat mereka. Seperti yang dialami Josua Purba (23) penduduk Dusun IV Jalan Karya VII, Desa Helvetia, Medan Sunggal ini. Dia diselamatkan petugas dari amukan massa ketika menjambret di Jalan Gaperta Ujung tepatnya di depan SPBU, Kamis (16/2/2017).

Pelaku terlibat penjambretan terhadap korban Rahmadayanti (23) penduduk Jalan Beringin Jaya, Kecamatan Helvetia saat melintas di Jalan Gaperta. Korban yang tidak mau kehilangan barang berharganya, sontak berteriak meminta tolong kepada pengendara lain, dan warga pun langsung mengejar pelaku berjumlah dua orang.

Pelaku yang sempat melarikan diri dengan sepeda motor akhirnya tertangkap warga di Jalan Kapten Muslim, Simpang Zipur Medan, dan   langsung dihakimi massa.

Mengetahui peristiwa itu, polisi bergegas ke TKP dan langsung mengamankan pelaku yang menjadi bulan-bulanan warga.

Dari tangan pelaku, petugas mengamankan barang bukti satu unit sepeda motor Satria FU plat BK 2073 XG serta uang senilai 17 Ringgit Malaysia. 

Kapolsek Helvetia Kompol Hendra ET saat dikonfirmasi membenarkan penangkapan pelaku jambret tersebut.

"Satu pelaku sudah diamankan, dan saat ini masih menjalani pemeriksaan," kata Hendra ketika dikonfirmasi GoSumut. 

Hendra menyebutkan, pihaknya masih memburu satu pelaku penjambretan lainnya yang berhasil melarikan diri dari sergapan warga.

"Satu pelaku yang identitasnya telah diketahui masih diburu petugas," sebut Hendra.