JAKARTA - Tempat Pemungutan Suara (TPS) 4 Gambir, Jakarta Pusat, terbilang unik. Petugas TPS tempat Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana mencoblos itu mengenakan busana adat Jawa.

Pengamatan pada Rabu (15/2/2017) pagi, sebanyak enam petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengenakan surjan dan belangkon.

Surjan para petugas berwarna coklat gelap dan belangkon bermotif lurik coklat dipadu hitam. Seragam itu tampak kontras dengan nuansa TPS yang didominasi warna merah putih.

Tak hanya seragam petugas KPPS yang lain dari yang lain, pintu masuk TPS juga terbilang unik. Panitia menempatkan dua boneka ondel-ondel warna-warni.

Berdasarkan informasi dari Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala, Presiden dan Ibu Negara hadir di TPS 4 sekitar pukul 10.00 WIB.

"Rencananya, pukul 10.00 WIB beliau datang ke TPS," ujar Djumala melalui pesan singkat.

TPS 4 sendiri terletak di Jalan Budi Kemulyaan, persis di belakang Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata.

Sejak subuh, pengamanan TPS itu dilaksanakan. Pengamanan dilakukan oleh Polri, TNI, dan secara khusus oleh Pasukan Pengamanan Presiden. Terdapat pintu x-ray di depan TPS itu.

Yang tak kalah uniknya adalah TPS 50 Kemanggisan, dimana panitia pemilihan menyediakan beberapa fasilitas seperti Wifi gratis dan bahkan juga menyediakan mobil jemputan.

Salah satu warga yakni Tessa Witarsa sempat mengaku senang, karena ada fasilitas tersebut. "Ya TPS 50 disiapin wifi gratis dan anter jemput, keren amat, kelar tugas gue sebagai warga DKI," ucap Tessa. ***