MEDAN-Gempa bumi di Sumatera Utara sejak Januari hingga Februari ini sudah terjadi lebih dari ratusan kali. Namun, bencana gempa ini tidak berdampak pada aktivitas Danau Toba dan Gunung Sinabung.

"Agar masyarakat tidak resah dan termakan dengan isu hoax, kami jelaskan bahwa gempa bumi ini tidak ada kaitannya dengan Danau Toba. Ada isu, bahwa gempa ini berefek pada pergerakan Danau Toba, dan kami tegaskan itu tidak benar," ungkap Kepala Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Syahnan, Rabu (15/2/2017).

Ia mengatakan, masyarakat harus cermat mengamati tiap informasi yang menyebar di media sosial. Jika ada informasi yang kurang dimengerti, kata Syahnan, dianjurkan mencari tahu di situs BMKG.

"Dampak pada Gunung Sinabung juga tidak ada. Mohon tidak panik saat mendapatkan informasi menyangkut gempa ini," ungkap Syahnan.

Dari analisis BMKG, gempa dipicu karena adanya patahan di sepanjang Sumatera mulai Aceh hingga Bangka. Namun, meskipun gempa melanda Aceh, tidak ada potensi terjadi tsunami.

"Efek gempa ini secara tidak langsung akan mengakibatkan longsor. Kemudian, bisa juga menimbulkan keretakan tanah terutama di areal titik gempa," katanya.