JAKARTA - Pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno meraih suara terbanyak di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dalam Pilgub DKI, Rabu (15/2).

Dikutip dari republika.co.id, di pulau ini ada tiga tempat pemungutan suara (TPS), yakni TPS 06, TPS 07 dan TPS 08. Pulau Pramuka, khususnya TPS 06 merupakan lokasi pidato Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyinggung Surah al-Maidah 51 dan berbuntut tuduhan penistaan agama.

Dari tiga TPS yang ada di Pulau Pramuka, pasangan cagub cawagub nomor urut dua, Ahok-Djarot unggul di dua TPS. Sementara Anies Sandi menang di satu TPS.

Namun jika ditotal perolehan suara, pasangan Anies-Sandi lebih unggul dengan jumlah 446 suara, disusul Ahok-Djarot 413 suara, dan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni 229 suara.

Ketua KPPS TPS 06 H Adil mengatakan, menurut perhitungan suara secara manual dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 443 pemilih, dengan jumlah pemilih sebanyak 347.

''Pasangan calon Agus-Sylvi 72 suara, sementara suara pasangan nomor urut dua Ahok-Djarot 114 suara dan pasangan numor urut tiga 161 suara,'' katanya disambut sorak pendukung Anis Sandi, Rabu (15/20).

Meski kalah di TPS 06 di Pulau Pramuka, tapi Ahok unggul di TPS 07 dan TPS 08. Di TPS 07 Ahok menang dengan jumlah suara yang tidak jauh berbeda dengan pasangan nomor urut tiga pasangan Anis-Sandi.

''Berdasarkan hitungan kami pasangan calon numor satu sebanyak 80, pasangan nomor dua 143 dan pasangan nomor urut tiga 142 suara," katanya.

Sementara di TPS 08 jumlah perolehan suara Ahok-Djarot cukup signifikan dibanding pasangan calon nomor urut satu dan nomor urut tiga.

''Nomor urut satu sebanyak 77 suara, nomor urut dua 156 suara dan nomor urut tiga 143 suara,'' kata Ketua KPPS TPS 08 Mahyuddin saat menyelesaikan perhitungan secara manual.***