MEDAN - Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung mendukung pembinaan mental personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) yang akan dilakukan TNI ke depan. Demikian dikatakan Pangdam I/BB, Mayjen TNI Lodewyk Pusung saat menerima audiensi Kepala Satpol-PP Provsu, Asren Nasution beserta stafnya, Selasa (14/2/2017), di ruang audiensi Pangdam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5.

Untuk itu, Pangdam I/BB meminta Asren untuk berkoordinasi dengan stafnya mengenai tindak lanjutnya ke depan. "Memang koordinasi itu mudah diucapkan, namun sangat sulit untuk dilakukan. Tapi bila kita sering bertatap muka, sering bersilaturahmi, maka koordinasi itu akan lebih mudah untuk dilaksanakan," jelasnya.

Sebelumnya, dihadapan Mayjen TNI Lodewyk Pusung, Kepala Satpol PP Provsu, Asren Nasution menyampaikan adanya perubahan organisasi di Satpol-PP membuat bertambahnya jabatan eselon 4, dan perubahan sebutan sebelumnya linmas di bawah Kesbang Linmas, sekarang beralih ke satpol PP.

"Satpol PP Provsu adalah tipe A. Idealnya memiliki pesonel 300 sampai 500 orang. Namun Satpol PP Provsu hanya memiliki 69 personel. Karena kekurangan personel, kita merekrut polisi pamong praja dari para pemuda kita dengan cara outsorcing menggunakan pihak ketiga," ungkapnya.

Untuk meningkatkan keterampilan personel, lanjutnya, personel Satpol PP mengikuti pendidikan selama tiga minggu di Rindam I/BB. Sedangkan pembinaan rutin, mereka melibatkan Jasdam I/BB untuk melatih jasmani personel Satpol PP. "Dan ke depan kami akan menambahkan untuk diadakan pembinaan mental dari Kodam I/BB," ujar Asren lagi.

Pada audiensi tersebut, turut dihadiri Asintel Kasdam I/BB Kolonel Inf Maulana Ridwan, Asops Kasdam I/BB Kolonel Inf Aminton Manurung, Aster Kasdam I/BB Kolonel Arm Nur Samsudin, Staf Ahli Pangdam I/BB Bidang IIpengtek dan Lingkungan Hidup Kolonel Czi Junior Tumilar, Kapendam I/BB Kolonel Inf Edi Hartono. (*)