Home > Berita > Umum

Musim Pancaroba, tak Ada Penyakit Menonjol di Aceh Selatan

Musim Pancaroba, tak Ada Penyakit Menonjol di Aceh Selatan
Ilustrasi
Selasa, 14 Februari 2017 16:45 WIB
Penulis: Hendrik

TAPAKTUAN - Dinas Kesehatan Aceh Selatan memastikan bahwa sejauh ini belum ada bencana musim pancaroba di daerah tersebut. Meskipun demikian, pihak Dinas Kesehatan setempat mengaku jauh-jauh hari sebelumnya sudah melakukan antisipasi terkait ancaman serangan penyakit tertentu yang dialami masyarakat. 

"Berdasarkan hasil pengamatan dan pemantauan kami, sejauh ini belum ada temuan kasus datangnya musim pancaroba yang ditandai adanya temuan kasus penyakit yang menonjol di tengah-tengah masyarakat," kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Mardhaleta, di Tapaktuan, Selasa, (14/2/2017).

Baca

Inilah Cara Hindari Warga dari Penyakit Jantung Ala Pemko Medan

Terbebasnya daerah tersebut dari ancaman penyakit pancaroba, kata dia, dibuktikan dengan tidak adanya temuan kasus penyakit yang menonjol di tengah-tengah masyarakat seperti Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Termasuk tidak adanya bencana angin kencang dan musim kemarau yang merupakan salah satu ciri datangnya musim pancaroba. 

Baca

Ini Penyebab dan Gejala Penyakit Difteri

Meskipun demikian, sambungnya, dalam melakukan langkah pencegahan dan penanganan penyakit di tengah-tengah masyarakat selama ini, pihaknya tidak melihat adanya ancaman musim pancaroba atau lainnya. 

“Sekarang ini kami sudah merekrut kader kesehatan di masing-masing gampong dalam Kabupaten Aceh Selatan. Mereka bertugas memantau langsung potensi munculnya serangan penyakit di tengah-tengah masyarakat. Apapun persoalan yang muncul terkait serangan penyakit, langsung dilaporkan ke petugas dinas kesehatan untuk diambil tindakan preventif,” papar Mardhaleta.

 

Ads
Editor:Zainal Bakri
Kategori:Umum
wwwwww