JAKARTA - Sebanyak 7 petinju pelatnas yang dipersiapkan untuk menghadapi SEA Games Malaysia, 19-31 Agustus 2017 didominasi wajah baru. Hanya dua petinju merupakan wajah lama yakni peraih emas SEA Games Singapura 2015, Cornelis Kwangu Langu (Bali), dan Bram Betaubun (Maluku).

Para petinju pelatnas yang kini menjalani latihan di Sukabumi, Jawa Barat itu ditangani pelatih kepala Adi Swandana dibantu dua mantan petinju nasional yakni Hermensen Ballo dan James Makawimbang.

"Ya, mereka menjalani pelatnas di Sukabumi dan kita juga dapat arahan dari Satuan Pelaksana Prorlgram Indonesia Emas (Satlak Prima) masalah Sport Scirence," ujar Sekjen PB Pertina, Shelly Selowati HS Miranda di Jakarta, kemarin. 

Menurut Shelly, pemilihan petinju yang menjalani pelatnas bukan hanya berdasarkan hasil prestasi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat 2016.

Tetapi, ada faktor lain yang menjadi pertimbangan seperti  usia, potensi, bakat dan hal-hal lain yang menunjang.

Berdasarkan hasil PON Jawa Barat, Cornelis Kwangu Langu (Bali) merupakan medali perak kelas 49kg, Ferdinand Kase (Jawa Barat) yang meraih emas kelas 49kg, Sunan Agung (Maluku Utara) medali emas kelas 52 kg, Aldoms Suguro (DKI Jakarta).

Sementara medali perak kelas 52kg, Saroha Tua Lumban Tobing (Sumatera Utara), medali perunggu kelas 64 kg, dan Joshua Manullang (Jawa Barat), medali emas kelas 81kg. Hanya, Bram Betahubun dari Maluku yang tidak meraih medali di kelas 75kg.***