Inilah Gunung Api Terkecil di Dunia, Tingginya Hanya 8 Meter

Inilah Gunung Api Terkecil di Dunia, Tingginya Hanya 8 Meter
Cuexcomate, gunung api terkecil di dunia. (detiktravelt)
Sabtu, 11 Februari 2017 07:58 WIB
PUEBLA - Gunung api yang satu ini berbeda dengan gunung api pada umumnya. Tingginya hanya 8 meter, sedangkan diameternya hanya 23 meter.Gunung api terkecil di dunia ini terletak di Kota Puebla yang berjarak sekitar dua jam dari Mexico City. Gunung api mini ini disebut Cuexcomate, namun ada juga yang menyebutnya sebagai geyser.

Pada situs resmi Pariwisata Puebla, disebutkan gunung mini itu tercipta dari erupsi Gunung Popocatepetl atau Popo di Meksiko.

Namun Cuexcomate sudah dinyatakan tidak aktif setelah terakhir meletus pada tahun 1660 silam.

Ads
Keberadaan Cuexcomate sendiri pertama kali ditemukan olah suku asli pada abad ke-16.

Saat ditemukan, Cuexcomate sudah tidak aktif lagi. Oleh suku asli, dasar dari Cuexcomate malah digunakan untuk tempat penyimpanan makanan dan beras. Cuexcomate juga memiliki arti sebagai mangkuk kecil untuk menyimpan barang.

Namun ketika penjajah Spanyol menguasai Puebla, Cuexcomate malah digunakan sebagai tempat pembuangan korban bunuh diri. Untungnya, tradisi itu sudah tidak dilakukan lagi.

Di bawah kawah Cuexcomate juga dapat ditemukan lubang yang terhubung ke sungai bawah tanah yang merupakan bagian dari Gunung Popocatepetl.

Kini, Cuexcomate telah menjadi salah satu landmark dan tempat wisata di Puebla. Malah tak sedikit wisatawan yang meminta permohonan ke Cuexcomate agar doa-doanya dikabulkan. Harga tiket masuknya adalah 10 peso atau sekitar Rp6.500 saja. ***

Editor:hasan b
Sumber:detiktravelt
Kategori:Gonews Group
wwwwww