Ini 6 Makanan Bisa Atasi Tekanan Darah Tinggi

Ini 6 Makanan Bisa Atasi Tekanan Darah Tinggi
ilustrasi
Kamis, 09 Februari 2017 06:37 WIB

TIDAK hanya manula yang rentan terhadap tekanan darah tinggi. Orang yang lebih muda, baik pria maupun wanita yang dalam usia produktif juga memiliki resiko tinggi terkena hipertensi (tekanan darah tinggi).

Faktor gaya hidup yang buruk dan pengelolaan stres yang tidak baik adalah pemicu utama hipertensi di usia muda.

Jika usia Anda saat ini 30 tahun, melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin sangat dianjurkan.

Nah, sebelum terlanjur divonis hipertensi, ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi secara rutin untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

Ads
Berikut beberapa makanan yang bisa atasi tekanan darah tinggi, seperti dilansir laman India Times, Selasa (7/2).

1. Delima

Minum segelas jus delima di waktu makan siang dan makan malam selama beberapa minggu membuat tekanan darah tetap normal karena kandungan antioksidan dan polifenol bioaktif dalam buah ini.

2. Semangka

Sebuah studi di FASEB Journal 2010 menemukan penurunan tekanan darah ketika orang-orang dengan hipertensi makan semangka dua kali sehari, selama enam minggu. Semangka juga melonggarkan arteri yang memungkinkan aliran darah mudah beredar.

3. Akar bit

Akar bit sangat baik bagi mereka yang tengah berjuang dengan hipertensi karena kemampuannya mengubah nitrat organik yang ada di dalamnya menjadi oksida nitrat.

4. Bawang putih

Berbagai penelitian, termasuk studi di BMC Cardiovascular Disorder 2008, menemukan bahwa bawang putih secara efektif bisa mengurangi tekanan darah.

5. Gandum

Oats telah lama disebut-sebut sebagai makanan yang kaya serat dan memiliki daftar panjang manfaat kesehatan lainnya.

Oats mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda, menurut sebuah studi dalam Journal of Family Practice.

6. Coklat hitam

Flavonoid, senyawa organik yang ditemukan dalam coklat telah terbukti meningkatkan produksi oksida nitrat dalam sistem tubuh, yang melebarkan pembuluh darah dan membantu menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi dalam Journal of Nutrition 2008 menemukan bahwa mengonsumsi cokelat hitam yang kaya akan flavonoid (setidaknya 70 persen) selama 15 hari bisa menurunkan hipertensi.(jpnn)

Editor:Arie RF
Sumber:jpnn.com
Kategori:Gonews Group
wwwwww