Home > Berita > Umum

Wali Kota Medan Tinjau Lokasi MTQ Di Medan Amplas Medan

Wali Kota Medan Tinjau Lokasi MTQ Di Medan Amplas Medan
Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi meninjau lokasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-50 Tingkat Kota Medan tahun 2017 di Jalan Tritura, Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Senin (6/2/2017).
Selasa, 07 Februari 2017 07:43 WIB
Penulis: RLS
MEDAN - Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi meninjau lokasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-50 Tingkat Kota Medan tahun 2017 di Jalan Tritura, Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Senin (6/2/2017).Peninjauan ini dilakukan untuk melihat sejauh mana persiapan lokasi  yang telah dilakukan, sebab Eldin ingin pelaksanaan MTQ tahun ini lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Ketika tiba di lokasi, Wali Kota melihat pekerja Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan tengah meratakan lahan kosong seluas lebih kurang 4,8 ha tersebut. Sebanyak 6 unit alat berat, 4 unit backhoe dan 2 unit mesin gilas diturunkan untuk meratakan lahan kosong yang sebelumnya dipenuhi semak belukar tersebut.      

Didampingi Kadis PU, Khairul Syahnan dan Kadis Perumahan,Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang,  Sampurno Pohan dan Camat Medan Amplas, Zulfakhri Ahmadi, Eldin pun  menyaksikan alat-alat berat meratakan lahan kosong tersebut. Sesekali Eldin memberikan instruksi kepada Syahnan sehingga lahan kosong yang diratakan secepatnya diselesaikan.

"Mudahan-mudahan lokasi MTQ ini dapat secepatnya selesaim sehingga kita bisa melanjutkan persiapan yang lainnya. Saya ingin pelaksanaan MTQ tahun ini lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu persiapan yang dilakukan harus lebih maksimal,” kata Wali Kota.

Menurut Walikota Medan,  lahan yang digunakan untuk lokasi MTQ sangat memadai dan cukup luas sehingga diyakini dapat menampung jumlah pengunjung yang cukup banyak. Oleh karenanya dmei semarak dan suksesnya pelaksanaan MTQ, Eldin pun mengistruksikan kepada SKPD terkait untuk berkoordinasi dan bekerjasama menyiapkan sarana dan prasarana pendukung MTQ.

"Saya telah instruksikan kepada SKPD terkait agar meyiapkan segala yang diperlukan demi kelancaran pelaksanaan MTQ. Dengan kerjasama yang dilakukan, insya Allah persiapan MTQ yang dilakukan akan lebih baik.  Untuk itu saya akan terus memantau sehingga persiapan yang dilakukan tepat waktu,” ungkapnya.

Di tengah peninjauan yang dilakukan, Camat Medan Amplas menyodorkan lay out denah MTQ. Setelah melihat lay out tersebut, Eldin minta agar Kadis PU membuat saluran untuk pembuangan air. Hal itu penting dilakukan untuk mengantisipasi lokasi tergenang air pada saat hujan deras turun.  “Jangan  lupa saluran pembuangan air harus dibuat sebaik mungkin ,” pesannya.

Kadis PU, Khairul Syahnan langsung mengamini pesan Wali Kota. Dia kemudian memanggil salah seorang anggotanya untuk menindaklanjuti pesan orang nomor satu di Pemko Medan tersebut. Selanjutnya, Syahnan menegaskan Dinas PU segera menyelesaikan penyiapan lokasi MTQ tersebut.

“Kita sudah dua Minggu mengerjakan lokasi ini. Sebelum kita kerjakan, lokasi ini dipenuhi semak belukar. Alhamdulillah, kini lahan sudah bersih dan kita berupaya secepatnya menyelesaikan pemerataannya sehingga SKPD terkait bisa segera mendirikan sarana dan prasarana pendukung lainnya,” ungkap Syahnan.

Sementara itu Camat Medan Amplas, Zulfakhri Ahmadi mengaku siap mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan MTQ yang rutin digelar Pemko Medan setiap tahunnya. Apalagi tahun ini kecamatan yang dipimpinnya menjadi tuan rumah.

"Pada prinsipnya kami siap mendukung terselenggaranya MTQ ke-50 ini, tugas kami disini untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar gaung dari MTQ ini dapat dirasakan oleh seluruh warga, khususnya warga Kecamatan Medan Amplas," jelas Zulfakhri.

Dia optimis pelaksanaan MTQ akan berjalan dengan lancar dan meriah. Sebab, lokasinya cukup luas sehingga mampu menampung jumlah pengunjung yang cukup banyak. Di samping itu mereka juga mengupaya tidak menggunakan badan jalan sebagai tempat parkir, sehingga kelancaran arus lalu-lintas tidak akan terganggu selama pelaksanaan MTQ berlangsung.

“Selain di lokasi utama, kita juga telah menyiapkan lokasi parkir kenderaan pengunjung di sebelah Maju Bersama. Lokasi parkir itu seluas 7.000 meter persegi, jadi mampun menampung kenderaan bermotor baik peserta maupun pengunjung. Hal ini kita lakukan untuk rasa aman dan nyaman bagi para pengunjung  untuk menyaksikan MTQ,” terangnya. (H)

Ads
Editor:Sisie
Kategori:Umum, Pendidikan, Medan, Sumatera Utara
wwwwww