MAKKAH - Pria yang hendak bakar diri di dekat Kakbah, Masjidil Haram, Arab Saudi disebut mengalami gangguan mental. Motif pria itu hendak membakar diri belum diketahui pasti.

"Perilakunya mengindikasikan dia mengalami gangguan mental," sebut juru bicara otoritas keamanan Masjidil Haram, Sameh Al-Silmi, dalam pernyataannya seperti dilansir Reuters dan Gulf News, Selasa (7/2/2017).

Pria yang disebut berkewarganegaraan Saudi itu, langsung diamankan petugas keamanan setempat, sebelum berhasil melakukan aksinya.

"Dia ditangkap sebelum melakukan aksi bakar dirinya yang dramatis," tutur Sameh seperti dikutip situs berita Saudi, Sabq.

Sameh menyebut, pria berusia 40 tahun itu kedapatan menuangkan bensin ke tubuhnya di dekat Kakbah, pada Senin (6/2) malam waktu setempat, sebelum akhirnya ditangkap.
Motif pria ini hendak melakukan aksi bakar diri di dekat Kakbah belum diketahui pasti.

"Semua langkah-langkah yang diperlukan akan dilakukan," imbuh Sameh, merujuk pada langkah hukum atas insiden ini.

Dalam pernyataannya, Sameh juga membantah rumor yang beredar terkait insiden ini, yang menyebut pria itu akan membakar Kakbah. Sameh menegaskan, pria itu ingin membakar dirinya sendiri di dekat Kakbah. (dtc)