TEL AVIV Tindakan Menteri Dalam Negeri Israel Arye Deri mengoleskan jus bawang ke matanya agar bisa pura-pura menangis saat kampanye, akhirnya terungkap.

Deri pun menjadi sorotan publik setelah sebuah video yang muncul memperlihatkan dirinya menggosokkan jus bawang ke matanya untuk berpura-pura menangis tersebut.

Rekaman itu tampaknya diambil dalam proses pembuatan video kampanye pemilunya pada 2015.

Anggota partai ultra-ortodoks Israel, Shas, itu menggunakan trik Holywood ketika dia tidak bisa mengeluarkan air mata secara alami di depan kamera saat mengenang pendiri Shas, Rabbi Ovadia Yosef, dalam kampanyenya.

Rekaman yang ditayangkan stasiun televisi Channel 2 itu ternyata dibocorkan oleh bekas teman Deri, penyanyi Israel Benny Elbaz, yang juga ambil bagian dalam video tersebut.

Dalam rekaman itu, terlihat tubuh Deri berguncang dan berduka, namun kemudian berhenti dan mengoleskan jus bawang ke matanya untuk berpura-pura menangis.

Kepada Channel 2, manajer kampanye Deri, Sefi Shaked, mengakui dirinya bertanggung jawab atas ide menggunakan jus bawang itu.

Dia menangis selama beberapa jam. Saya tidak puas dengan hasil yang dicapai, pada akhirnya kami perlu membawanya kembali ke keadaan pikiran tersebut, kata Shaked.

Deri menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Israel pada Januari 2016 setelah Silvan Shalom mengundurkan diri atas serangkaian tuduhan pelecehan seksual, demikian sebagaimana dikutip dari News Arab.***