Penyebab Kerusuhan di Lahan HGU PTPN II di Binjai

Katanya Ormas Mau Pelantikan, Preman Minta Lahan Masyarakat Dikosongkan

Katanya Ormas Mau Pelantikan, Preman Minta Lahan Masyarakat Dikosongkan
Sejumlah preman suruhan menyerang lahan warga di HGU PTPN II di Binjai.
Selasa, 07 Februari 2017 10:18 WIB

BINJAI – Salah satu Ormas ingin merebut lahan sengketa HGU PTPN II di Binjai di Lingkungan VII, Kelurahan Mencirim, Kecamatan Binjai Timur, Senin (6/2/17).


Informasi yang berhasil dihimpun dilapangan menyebutkan, bentrokan ini terjadi saat warga sekitar sedang mengerjakan lahan eks HGU PTPN II yang berada di lingkungan VII, Kelurahan Mencirim, Kecamatan Binjai Timur.

Saat akan mengerjakan lahan tersebut, datang sejumlah orang bersenjata kelewang dan mengusir warga dari lahan tersebut sembari berkata. “Ngapain kalian di sini, ini lahan kami, sana kalian, pergi, sebelum kami bertindak kekerasan kepada kalian,” paparnya.

Warga yang tak terima kembali melakukan perlawanan dan kembali menyerang. Bentrokan nyaris terjadi, karena kalah jumlah masa, puluhan masa yang diduga dari salah satu ormas di Kota Binjai melarikan diri, akibatnya, tiga sepeda motor milik salah satu ormas di Kota Binjai menjadi korban pelampiasan warga.

Ads
Menurut warga sekitar, Chairil mengatakan, warga yang diduga salah satu ormas tersebut kerap kali mengancam warga dengan membawa kelewang. “Namanya warga bang, kalo diancam ya takut. Mereka mau kami ini pergi dari lahan tersebut dan lahan itu mau dikuasai mereka,” jelasnya.

Berdasarkan hasil investigasi ternyata pemicu kerusuhan lahan diawali Arman dkk 
mengatasnamakan perintah Ketua DPD IPK Kota Binjai, Samsyul Tarigan salah ingin menguasai lahan masyarakat yang sejak lama menempati lahan tersebut. Menurut Fadli menerangkan dimana Samsul sang Ketua menyuruh beberapa anggotanya untuk mengosongkan lahan dikarenakan dalam waktu dekat pihak mereka ingin menggelar pelantikan DPD IPK.

"Kosong lahan kalian, kami mau pelantikan karena kekurangan dana pelantikan tersebut. Apa kalian mau kami tebas satu per satu," itu cetus anggota yang disuruh Samsul tersebut.

BACA: Suasana Mencekam ! Warga Bentrok Saling Serang dengan 'Kelewang'

wwwwww