MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi kembali mengingatkan agar PLN terus melakukan peningkatan pelayanannya kepada masyarakat.

‘’Jangan ada lagi masyarakat konsumen di Sumut yang berkeluh-kesah, merasa kecewa maupun dirugikan. Penyesuaian tarif harus diimbangi dengan kualitas pelayanan terbaik,’’ tandas Gubsu Erry saat menerima audiensi pejabat PLN Sumut di kantor gubernur di Medan.

Hadir Manejer Bidang Niaga dan Pelayanan Pelanggan PT PLN (Persero) Wilayah Sumut Jadima Purba, GM UIP 1 Heru SS, Manejer REN PLN Wilsu A Haris Nasution, Manejer Hukum Said Mukarram dan strategi pemasaran PLN Abdullah Sani Samosir. Sementara Gubsu Erry didampingi Kadis Pertambangan dan Energi Edi Saputra Salim, Kadis Perhubungan Anthony Siahaan, Kadis Kominfo Mhd Fitriyus serta Plt Kabiro Humas dan Protokol Ilyas Sitorus.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Erry mengatakan kenaikan tarif dasar listrik yang disesuaikan dengan ketentuan yang ada hendaknya harus diimbangi dengan peningkatan pelayanan yang diberikan PLN kepada masyarakat. Tidak kalah pentingnya, Gubsu Erry menekankan agar PLN benar-benar memaksimalkan sosialiasi terkait kenaikan tarif dasar listrik ataupun pengurangan subsidi terhadap pelanggan 900 Kva.

“Ini harus disosialisasikan dengan baik. Baik itu media, pemda, akademisi dan seluruh stakeholder yang ada. Lebih dari itu yang lebih terpenting bagi masyarakat adalah persoalan pelayanan. Jangan sampai tarif dasarnya disesuaikan tetapi pelayanan tidak disesuaikan,”tandas Erry.

Gubsu Erry juga menekankan terkait masih seringnya terjadi pemadaman khususnya diawal tahun maupun jelang perayaan hari besar. Meskipun demikian memang diakui Gubsu bahwa persoalan listrik terkadang terjadi akibat persoalan teknis seperti gangguan terhadap pembangkit listrik atau jaringan.

“Kedepan kita berharap melakukan penyempurnaan pelayanan lebih baik lagi. Paling penting pembangkit yang ada dapat beroperasi dengan maksimal sehingga tidak ada lagi pemadaman. Kalau pun terjadi persoalan teknis kita masih memiliki cadangan listrik,”harap Gubsu Erry.

Sementara itu Manejer Bidang Niaga dan Pelayanan Pelanggan PT PLN Wilayah Sumut Jadima Purba mengaku pihaknya akan berusaha memenuhi harapan Gubsu Erry terkait peningkatan pelayanan PLN kepada masyarakat termasuk meminimalisir pemadaman atau gangguan teknis.

“Kami dari PLN akan berusaha memenuhi harapan dari pemimpin kita terutama dari sisi pelayanan. Kita akan meminimalisir pemadaman ataupun gangguan,”ujar Purba.

Dikatakan Purba bahwa mulai 1 Januari 2017 sebenarnya pemerintah telah memberikan melakukan pengurangan subsidi kepada pelanggan rumah tangga 900 Kva. Sedangkan 450 KVa tetap mendapatkan subsidi.

‘’Kami akan terus bersosialisasi dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen, khususnya masyarakat Sumatera Utara,’’ ujarnya.