JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mendukung pebalap muda Indonesia, Ali Adrian, yang akan mengikuti World Supersport 300 (WSSP) Championship 2017.

Adrian, yang memperkuat tim Pertamina Almeria, akan mengikuti tes di Sirkuit Andalusia, Spanyol, pada pekan kedua Februari 2017.

Dia baru akan turun pada seri ketiga WSSP 2017 yang berlangsung di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol, pada 31 Maret-2 April mendatang.

Imam berharap keikutsertaan Adrian pada kejuaraan tersebut dapat menghasilkan prestasi membanggakan bagi Indonesia.

"Pemerintah akan terus mendukung dan melakukan upaya-upaya yang memungkinkan Adrian menjadi kandidat masa depan ke ajang bergensi, MotoGP," ujar Imam dalam rilis dari Menpora, Kamis (2/2/2017).

"Adrian harus semangat dan optimisis. Doa kami yang terbaik," ucapnya.

Olahraga sepeda motor, menurut Imam, berpotensi jadi kebanggaan nasional. Imam berharap, partisipasi Adrian di kancah internasional bisa menginspirasi para pebalap yang masih suka balapan di jalan umum.

Untuk ke depannya, Imam akan mengajak berbagai pihak yang berkaitan dengan industri otomotif untuk memberikan sumbangsih terhadap infrastruktur sirkuit.

Hal itu diharapkan bisa melahirkan pebalap andal dan mengembangkan olahraga sepeda motor pada masa mendatang.

"Hari ini kami sudah mendapatkan rekomendasi kurang lebih ada tiga tempat yang telah menyiapkan diri untuk membangun sirkuit oleh pemerintah daerah ataupun swasta," tutur Imam.

Pada WSSP 2017, Adrian akan mengikuti sembilan dari 13 seri. Dia menargetkan bisa masuk urutan lima besar pada setiap balapan. ***