Luar Biasa... Usai Bangun Taman Cinta Sejati Ainun Habibie, Kini Walikota Parepare Bangun Taman Syariah

Luar Biasa... Usai Bangun Taman Cinta Sejati Ainun Habibie, Kini Walikota Parepare Bangun Taman Syariah
Taman Syariah Parepare. (istimewa)
Kamis, 02 Februari 2017 18:01 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
PAREPARE - Kota Parepare tak berhenti membangun fasilitas umum yang berbasis budaya dan wisata. Jika sebelumnya telah dibangun Taman Cinta Sejati Ainun Habibie, saat ini juga ada Taman Syariah.

Walikota Parepare, HM. Taufan Pawe, memang dikenal memiliki banyak terobosan dan inovasi dalam membangun Kota Parepare menuju kota dengan peradaban yang lebih baik dan punya daya saing dibanding dengan daerah lainnya.

Wajah kota Parepare dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini terus menunjukkan peningkatan yang signifikan khususnya dari segi pembangunan infrastrukturnya.  

loading...
Setelah sukses menghadirkan monumen cinta sejati habibie ainun, pembangunan alun-alun kota lapangan Andi Makkasau, revitalisasi pasar senggol, juga ada pembangunan objek wisata lainya.

Ads
Sebut saja, pembangunan Pare Beach di Kota Parepare yang juga menjadi ikon kota dan diharapkan mampu menjadi magnet untuk menarik masyarakat baik dari Kota Parepare maupun dari daerah sekitaran kota Parepare.

Dan kini terobosan sang Walikota adalah membangun Taman Syariah yang dibangun dengan konsep islami. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab identitas kota Parepare sebagai Kota Ulama dan Kota santri membuat Taufan tidak ingin meninggalkan ciri khas tersebut.

Menurut Taufan, pembangunan Taman Syariah ini ide awalnya didapatkan saat dirinya melaksanakan ibadah umroh. Dikota yang bernama Abu Dhabi terdapat taman syariah yang bisa digunakan sebagai sarana rekreasi.

"Saya sangat terinspirasi dengan konsep taman syariah yang ada di Kota Abu Dhabi itu, apalagi Kota Parepare memang sudah dikenal sejak dulu sebagai kota ulama dan kota santri. Jadi sudah sangat tepat jika di kota ini juga ada konsep taman syariah," beber Taufan seperti dikutip GoNews.co dari Situs resmi Humas Pemkot Parepare.

Pembangunan Taman Syariah di Kota Parepare ini terbilang cukup inovatif. Betapa tidak, keberadaan Taman Syariah yang berada dipusat kota menjadi kawasan tongkrongan baru bagi warga Kota Parepare untuk bersantai sembari menikmati suasana dilokasi tersebut.

"Kita memang sengaja menempatkannya dilokasi ini karena sangat berdekatan dengan masjid sehingga jamaah masjid yang sementara menunggu waktu salat bisa bersantai sejenak di taman ini melepas kepenatan dengan bersantai," tukasnya.

Taufan juga mengungkapkan, Taman Syariah ini akan dilengkapi dengan berbagai sarana seperti, Perpustakaan, fasilitas internet dan sejumlah fasilitas lainnya.

"Ini untuk memanjakan warga supaya menambah wawasan tentang ajaran Islam dan tentu saja demi kenyamanan masyarakat kota Parepare maupun wisatawan yang datang berkunjung," tandasnya.

Taufan pun berharap dengan adanya fasilitas tersebut bisa memberikan edukasi bagi masyarakat yang berkunjung di taman itu.

"Semoga keberadaan Taman Syariah ini, kedepannya akan menjadi taman yang mengedukasi dalam dunia pendidikan khususnya kajian keislaman. Sehingga akan lebih mendukung identitas kota Parepare sebagai  kota santri dan kota ulama," pungkas Suami dari Erna Rasyid Taufan, yang hari ini Kamis (2/2/2017) merayakan ulang tahun perkawinannya ke 25. ***
wwwwww