JAKARTA - Sekitar 2.000 massa akan mengawal jalannya pemeriksaan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan hari ini, Rabu (1/2/2017). Untuk itu tiga titik lokasi diamankan.

Penyidik Subdit Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Metro Jaya akan memanggil Rizieq, Sekretaris Jenderal FPI Munarman, dan Ketua GNPF MUI Bachtiar Nasir.

Ketiganya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka kasus dugaan pemufakatan makar Sri Bintang Pamungkas.

Pihak kepolisian telah menerima surat pemberitahuan. Isinya, mengenai rencana pengerahan laskar untuk demonstrasi di depan Polda Metro Jaya mengawal ketiga pimpinan mereka.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, ada 2.000 massa yang akan mengawal kesaksian Rizieq, Munarman, dan Bachtiar.

Untuk mengawal massa, pihak kepolisian fokuskan pengamanan di tiga titik lokasi.

"Soal pengamanan pemeriksaan Rizieq, Munarman dan Bachtiar Nasir dalam kasus dugaan makar untuk pengamanan massa yang infonya dua ribuan, kita lalukan di tiga titik. Masjid Al Azhar kemudian sepanjang jalur yang akan dilalui massa dan terakhir di Polda Metro Jaya," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (1/2/2017).

Argo enggan membeberkan jumlah personel yang akan diturunkan untuk mengamankan tiga titik ini. Tapi dipastikan jumlah aparat cukup untuk mengamankan jalannya aksi.

"Yang pasti cukup lah. Yang pasti kami sudah siapkan personel dibantu anggota dari Kodam Jaya," jelasnya.(tnc)