BINJAI - Walikota Binjai M. Idaham melantik M. Mafullah P. Daulay sebagai Sekretaris Daerah menggantikan Elyuzar Siregar yang memasuki masa pensiun, di Pondopo Umar Baki, Jalan Veteran, Senin (30/1/2017).

Hadir pada acara Ketua DPRD Kota Binjai Zainuddin Purba, FKPD, SKPD, Kepala BNN Kota Binjai, Kodim 0203 Langkat, dan para undangan lainnya.

Walikota Binjai M. Idaham mengatakan pelantikan ini merupakan tindaklanjut dari terbitnya PP No. 18 Tahun 2016 dengan Perda No. 5 Tahun 2016 tentang perangkat daerah.

"Pelantikan ini merupakan yang pertama sejak ditetapkannya Perda Perangkat Daerah dan akan berlanjut hingga seluruh jabatan yang ada di lingkungan Pemko Binjai terisi sesuai dengan regulasi yang baru," ujar Idaham.

Proses seleksi pemilihan sekretaris daerah ini sudah berlangsung sejak tiga bulan lalu oleh tim independen, kemudian didapatkan 3 nama calon. Berdasarkan hak prerogatif walikota dipilih satu nama dan selanjutnya di usulkan ke Menpan.

"Ini memang sudah kebutuhan dan sesuatu yang wajar di pemerintahan yang mana mutasi dan rotasi tersebut sudah kebutuhan SOTK (Struktur Organisasai Tata Kelola) di lembaga ASN (Aparatur Sipil Negara), dan tentunya pemerintahan butuh penyegaran pula," ucap Idaham

Walikota berharap dengan dilantiknya sekretaris daerah yang baru dapat lebih meningkatkan disiplin kerja ASN yang selama ini sudah bagus agar dipertahankan.

"Tunjukanlah pengabdian dan profesionalitas sehingga saya tidak salah pilih menempatkan saudara di posisi tersebut," ujarnya.

Sementara Sekda Kota Binjai M. Mafullah P. Daulay mengatakan akan bekerja semaksimal mungkin untuk memajukan Kota Binjai.

"Ke depan agenda besar Pemkot Binjai yang harus disukseskan adalah Binjai Smart City yang insyaallah bulan februari ini kita akan melounching Smart City," ujar Mafullah alias Ipung yang pernah diperiksa KPK di Markas Brimob Sumut, Jalan Wahid Hasyim Medan, beberapa waktu lalu.

Selain pelantikan sekretaris daerah, Walikota Binjai juga melantik 3 pejabat pratama lainnya masing-masing Agustawan Karnajaya Sebagai Pj Kepala Bappeda, menggantikan Junaidi yang masuk masa pensiun, Syahrial menjadi Kepala Dinas Perhubungan, menggantikan Fadlan yang juga memasuki masa pensiun, serta M. Taufik Bahagia sebagai Kadis Catpil dan Kependudukan.