JAKARTA - Sebanyak 10 cabang olahraga (cabor) disetujui Olimpic Council Asia (OCA) akan dipertandingkan di test event menjelang Asian Games Jakarta-Palembang 2018. Test event yang digelar Oktpber 2017 sebagai pengganti Asian Youth Games 2017 yang dibatalkan.

"OCA telah menyetujui 10 cabor yang akan dipertandingkan di test event menjelang Asian Games 2018," kata juru bicara Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Ellen Sarita de Lima di Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Ke-10 cabor itu adalah sepakbola,  atletik, panahan, bulu tangkis, basket, tinju, pencak silat, taekwondo, voli indoor,  dan angkat besi. 

Meski telah ditetapkan 10 cabor, kata Ellen, cabor lain bisa mengusulkan untuk test event yang brlum ditetapkan tanggal pelaksanaannya.

"Cabor lain boleh mengusulkan untuk test event," katanya kepada GoNews.co, Rabu (1/2/2017).

Menanggapi hal tersebut, Sekjen Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI), Arsyad Ahmadin mengatakan, pihaknya juga telah mengusulkan Cricket untuk masuk dalam cabor test event. Hanya saja, katanya, pelaksanaannya Desember 2017.

"Cricket tidak bisa dilaksanakan bersamaan 10 cabor yang telah disetujui OCA karena kendala lapangan cricket di Pulo Mas Jakarta yang dijanjikan akan selesai Nopember 2017. Kalau tidak sesuai jadwal, kita akan mengusulkan Januari 2018," katanya. 

Menurut Ellen, dari hasil Rapat Kordinasi Komite (Corcom) ke-4 telah ditetapkan 42 cabor olahraga yang dipertandingkan. Namun, kepastian nomor yang dipertandingkan masih dalam tahap pembahasan. 

"Masalah kesiapan dan nomor yang dipertandingkan akan dibahas pada  Technical Delegate di Jakarta, 4 Marey 2017, kemudian dilanjutkan Corcom ke-5 di Palembang, 5-6 Maret 2017," pungkasnya. ***