Protes Kebijakan Donal Trump, Rakyat Meksiko Boikot Starbucks, McDonalds, Cocacola dan Gringos

Protes Kebijakan Donal Trump, Rakyat Meksiko Boikot Starbucks, McDonalds, Cocacola dan Gringos
(republika.co.id)
Senin, 30 Januari 2017 13:33 WIB
MEKSIKO Rakyat Meksiko bersumpah untuk berhenti membeli produk-produk Amerika Serikat (AS). Sebab, pajak impor ini nantinya akan digunakan AS untuk membiayai pembangunan tembok pemisah di wilayah perbatasan AS-Meksiko.

Reaksi keras dari rakyat Meksiko ini muncul beberapa hari setelah Pemerintahan Presiden AS Donald Trump mengatakan sedang mempertimbangkan pengenaan pajak impor terhadap barang-barang yang diproduksi di Meksiko,

Dilansir laman Buzfeed.com, Senin (30/1), jaringan toko ritel Walmart, termasuk salah satu yang terkena boikot. Jumlah toko Walmart di Meksiko adalah yang terbesar di luar AS, yakni sebanyak 2.379 toko, termasuk 256 Walmart Supercenter. 

Produk AS lainnya yang diboikot oleh warga Meksiko adalah Starbucks dan McDonald. Baik Starbuks maupun MacDonald, masing-masing memiliki lebih dari 500 gerai di seluruh Meksiko. Meksiko juga diketahui sebagai konsumen Coca-Cola nomor satu di dunia.

Ads
Aksi boikot terhadap produk-produk asal AS ini sudah bergaung di seluruh penjuru Meksiko sejak pekan lalu.

Warga Meksiko mulai menyerukan untuk berhenti membeli produk AS di bawah serangkaian hashtags termasuk #AdiosStarbucks, #AdiosWalmart, #AdiosMcDonalds, #AdiosCocacola dan #AdiosProductosGringos.

Konsumen juga menggalang dukungan terhadap produk-produk lokal, misalnya taman hiburan La Feria Chapultepec di Mexico City bukan Disneyland.

''Saya seorang patriot, teriakan Meksiko siap berperang,'' kata salah seorang warga Meksiko yang mengunggah foto dari kedai kopi lokal Oaxaca dengan hastag #adiosstarbucks di samping foto tersebut.***
Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:Gonews Group, Ekonomi
wwwwww