JAKARTA - PJ Bupati Kampar Syahrial Abdi kembali tegas agar para ASN atau Pegawain Negeri tetap menjaga netralitas dalam pilkada Kabupaten Kampar.

Hal itu ia ungkapkan saat mengukuhkan Pengurus Ikatan Pelajar Mahasiswa Kampar Jakarta, IPMKJ periode 2016-2017, di Anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Upaya sudah kita lakukan dengan memberikan imbauan secara langsung, memberikan surat edaran soal netralitas ASN ini. Jadi kita berharap tak ada yang melanggarnya, karena sanksinya juga juga cukup jelas," ujarnya kepada GoRiau.com, (GoNews Group) usai acara.

Lanjut PJ Bupati, mulai dari Kepala Desa, Camat serta pegawai negeri sipil lainnya, hendaknya taat dengan aturan yang ada.

"Jika tidak taat, itu otomatis mencederai pesta demokrasi kita. Mari sama-sama mentaati, supaya pesta rakyat dalam memilih pemimpin Kampar bisa berlangsung damai, jujur dan benar-benar sesuai pilihan hati masyarakat," tukasnya.

Pihaknya juga mengakui, saat ini memang ada beberapa indikasi pelanggaran dari beberapa ASN, namun pihaknya sudah bekerjasama dengan KPU, Panwaslu, untuk menyelesaikannya.

"Sampai tahap pidana sih belum ada. Hanya indikasi saja," tandasnya.

Selain itu katanya, pihak KPU dan Panwaslu juga diminta untuk bekerja sesuai tupoksinya.

"Khususnya Panwaslu, kita minta agar benar-benar melakukan pengawasan secara detail, jika ditemukan pelanggaran dari ASN mohon segera diproses dan dilaporkan ke KPU supaya ada tindakan tegas," pungkasnya. ***