PADANGSIDIMPUAN - Harga sejumlah kebutuhan pokok masih stabil di Padangsidempuan menjelang perayaan imlek. Pantauan wartawan di seputaran Pasar Sangkumpal Bonang, Kota Padangsidimpuan, harga kebutuhan bahan pokok tidak mengalami kenaikan seperti yang biasa terjadi pada perayaan hari-hari besar lainnya.

Untuk cabai merah di Padangsidempuan, masih berada di kisaran harga Rp40 ribu per kilogram, dan cabai hijau dipasarkan seharga Rp25 ribu per kilogram.

"Yang naik hanya cabai rawit atau cabai kecil dari sebelumnya Rp45 ribu per kilogram, sekarang sudah Rp50 ribu per kilogram," ujar Lenny (30) salah seorang pedagang sayur mayur yang berjualan di basement pasar Sangkumpal, Jumat (27/1/2017).

Sedangkan harga bawang merah, komoditi ini malah turun, dari sebelumnya Rp30 ribu per kilogram menjadi Rp25 ribu per kilogram. Serta harga kebutuhan sayur dan bumbu dapur lainnya seperti, bawang putih Rp40 ribu per kilogram, kentang Rp12 ribu, tomat Rp12 ribu, wortel Rp8 ribu, bawang bombay Rp20 ribu, daun sop Rp24 ribu, jahe merah Rp20 ribu, jahe putih Rp15 ribu, kacang tanah kampung Rp23 ribu, kacang merah Rp22 ribu, dan kacang hijau kampur Rp20 ribu per kilogram.

Selain harga kebutuhan sayur dan bumbu dapur, harga daging ayam potong juga diketahui sudah turun meski hanya Rp1000 per kilo gramnya.

"Malau harga ayam potong malah turun, kemarin Rp30 ribu per kilo gram sekarang Rp29 ribu per kilo gram. Itu untuk yang hidup atau belum dibersihkan. Kalau yang sudah bersih tambah uang potong, jadi Rp6 ribu," ujar Ade, penjual ayam potong.

Untuk kebutuhan bahan pokok lainnya, seperti gula pasir dari sebelumnya dijual seharga Rp18 ribu - Rp19 ribu per kilogram, saat ini hanya dijual seharga Rp15 ribu.

"Minyak goreng curah naik Rp500 per liter dari sebelumnya Rp11.500 sekarang dijual Rp12 ribu. Juga gula merah, dari Rp18 ribu naik menjadi Rp20 ribu," terang Iyek, pedagang klontong dan sembako.

Harga telur ayam ras (eropa, red) juga terpantau stabil. Untuk ukuran jumbo dijual Rp40 ribu per papan. Sedangkan telur yang berukuran sedang dijual dengan harga Rp39 ribu dan ukuran kecil Rp37 ribu per kilogram.

"Harga telur enggak ada yang naik, masih normal seperti biasa," sebut Mak Ela di basement Pasar Sangkumpal Bonang.