PADANGSIDIMPUAN - Dalam memberikan rasa aman dan nyaman pada rangkaian kegiatan Imlek nanti, aparat dari Polres Padangsidimpuan turut melakukan Operasi Liong yang digelar serentak di Indonesia, Kamis (26/1/2017). Di hari pertama pelaksanaan 'Ops Liong Toba 2017' sejumlah personil langsung melakukan cipta kondisi serta mendirikan Posko pengamanan di Vihara Avalokitesvara di Jalan Sudirman eks Merdeka Kota Psp.

Kapolres Kota Padangsidimpuan AKBP M Helmi Lubis mengatakan, dalam amanat Kapolda Sumut yang dibacakan Wakil Walikota Padangsidimpuan M Isnandar Nasution sebagai Inspektur Upacara Gelar Pasukan Operasi Liong Toba 2017 menyampaikan, operasi mandiri kewilayahan 'Ops Liong Toba 2017' ini dalam pelaksanaannya terbagi pada tiga tahap.

"Pertama, pengamanan perayaan imlek pada 28 Januari 2017 besok. Kedua, pengamanan perayaan Cap Gomeh pada 12 Februari nanti, dan ketiga pengamanan perayaan Ceng Beng pada 4 Apri mendatang," terang Helmi. Sementara itu, Kabag Ops Kompol Lili Astono menambahkan, pihaknya melibatkan sebanyak 50 personil yang terdiri dari 35 personil Polri ditambah lima personil dari masing-masing instansi lainnya seperti TNI, Satpol PP.

"Untuk puncak perayaan imlek dilaksanakan pada 28 Januari besok, dan di vihara kita sudah siapkan posko bersama personil yang berjaga selama 24 jam," jelasnya.

Selain itu, kata Lili, untuk menjamin rasa aman dan mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya dibantu petugas dari TNI dan Satpol PP secara rutin akan melakukan cipta kondisi dengan cara razia baik di jalan raya maupun di lokasi-lokasi yang rawan penyakit masyarakat (Pekat) maupun tindak kriminal.

"Patroli kota dan razia rutin terus kita lakukan, gunanya untuk cipta kondisi mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan yang tidak diprediksi," pungkasnya.