MEDAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan mengimbau warga yang tinggal di bantaran sungai untuk mewaspadai banjir akibat luapan sungai. Mengingat hujan kerap mengguyur wilayah hulu sungai dan kota Medan dalam beberapa hari terakhir. "Tetap siaga karena Medan termasuk wilayah terdampak banjir kiriman. Khususnya warga yang bertempat tinggal berdekatan dengan daerah aliran sungai," kata Manager Pusdalops BPBD Medan M Yunus, Rabu (25/1/2017).

Yunus mengatakan, salah satu tupoksi BPBD, yakni untuk melakukan koordinasi dan sosialisasi melalui peringatan dini kepada masyarakat, salah satunya terkait cuaca. BPBD Medan pun, lanjutnya, akan selalu memaksimalkan personel yang ada.

Para personel yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat ini, kata Yunus, akan selalu siaga. Jika terjadi sesuatu maka mereka pun akan cepat memberikan respon.

"Tim Reaksi Cepat dari BPBD sudah standby jika sewaktu-waktu air sungai meluap dan kami juga telah mempersiapkan peralatan evakuasi. Selain itu, kami selalu berkoordinasi terkait penanggulangan apabila terjadi bencana," ujar pria yang juga Komandan Tim Reaksi Cepat BPBD Medan ini.