JAKARTA - Tim Nasional Indonesia untuk cabang Renang Indah akhirnya terbentuk untuk mewakili Indonesia di pentas multi event SEA Games 2017 Kuala Lumpur dan Asian Games 2018 Jakarta.

Pelatih cantik asal Rusia Anna Nasekina mengumumkan 16 nama atlet renang indah yang terjaring dari seleksi nasional (Seleknas).

Meski telah terjaring 16 atlet renang indah, PB PRSI tidak langsung mengajukannya ke Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima). Beberapa hari ke depan kembali akan dilakukan seleksi untuk mrnentukan 10 atlet yang yang berhak masuk pelatnas.

Sebagai informasi, Anna pernah lima kali juara dunia dan juara Eropa renang indah bersama timnas Rusia.

Anna dibantu staf pelatih dari komisi teknik PB PRSI seperti Ragil Sugirestu, Shelvy Melowa dan Dhanisa serta Sabihisma Arsyi.

Juga ada anggota Binpres Fitrah Utami. Sebelumnya sebanyak 26 atlet mengikuti seleksi nasional selama 2 hari di Kolam Renang GOR Pertamina, Simpruk, Jakarta 23-24 Januari 2017.

Para atlet wajib mengikuti beberapa tes seperti kemampuan berenang, teknik dasar renang indah, fleksibilitas, stamina serta psikotes.

"Sangat sulit menentukan yang terbaik, karena semua bagus-bagus.  Tapi ini diharapkan bisa mewakili Indonesia. Masih ada beberapa kekurangan yang akan saya perbaiki dalam rentan waktu 6 bulan," ujar Anna, usai mengumumkan hasil seleknas di Simpruk, Selasa (24-01-2017) sore.

"Bagi yang belum terpilih jangan khawatir karena masih ada promosi dan degradasi," tambah Kabid Binpres Wisnu Wardhana memompa semangat atlet yang belum terpilih.

Diagendakan pelatnas renang indah dimulai awal Februari. "Lokasi masih kita cari yang terbaik, karena harus menyesuaikan segala aspek," ujar Shelvy.

Rencananya renang indah juga akan melakukan try out seperti Jepang 27 April atau Budhapest Hungaria 14 Juli.

Daftar 16 atlet Renang Indah.

1. Mega (Jogya), 2.Nisa (Jogya), 3.Naiwa (DKI Jakarta), 4.Livia (Jatim), 5.Rere  (DKI Jakarta),6. Tami (Sulsel),7. Iin (Sulsel), 8. Amel (Jogya), 9. Ara (Jabar),10. Andri  (DKI Jakarta)

11. Atik (Jogya), 12. Rara  (DKI Jakarta), 13. Nidya (Kaltim), 14. Sekar (Jogya), 15. Putri (Jatim), 16. Putu (Kaltim). ***