TAPANULI SELATAN - Hujan deras yang turun seharian, Selasa (24/1/2017), membuat Aek Sibulele, di Kecamatan Batang Angkola, Tapanuli Selatan (Tapsel) meluap. Akibatnya, satu rumah warga rusak parah dan nyaris hanyut. Kepala Desa Bargottopong, Pendi menyampaikan, mulai dari Senin (23/1/2017) malam hingga Selasa (24/1/2017), hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapsel membuat Sungai Aek Sibulele meluap dan membanjiri sejumlah tempat. Parahnya, satu unit rumah milik Almarhum Alimun, warga di Desa Sibulele Muara nyaris hanyut.

"Kondisinya rusak parah, bagian dapur rumah yang berdekatan dengan aliran sungai jebol diterjang banjir. Memang tidak ada korban jiwa, namun banyak membuat kerugian," ujar Pendi.

Lebih lanjut dikatakannya, tidak hanya rumah warga, bahkan bronjong yang ada di sekitar aliran sungai juga porak-poranda dan mengakibatkan air yang biasa mengalir ke masjid setempat menjadi kering.

"Air di masjid juga jadi kering, karena banyak bronjong yang rusak parah," tukasnya.

Sementara itu, Gubernur LIRa (Lembaga Informasi Rakyat) Tabagsel, Eddy Aryanto Hasibuan yang aktif bersinergi dengan warga di sana mengaku, sudah turun langsung ke lokasi banjir dan melihat kondisi rumah yang rusak. Bersama dengan masyarakat, mereka juga melakukan gotong royong memperbaiki tempat-tempat yang rusak.

"Bersama masyarakat, kejadian bencana alam ini juga sudah kami laporkan ke pihak BPBD Tapsel. Dan kami berharap ada perhatian dari pemkab untuk membantu warga, khususnya membenarkan bronjong dan rumah warga yang rusak akibat banjir," jelas pria yang juga berprofesi sebagai advokat.