PADANG LAWAS - Ratusan rumah di Kecamatan Sosa terendam banjir akibat meluapnya Sungai Sosa dikarenakan hujan mengguyur Kabupaten Palas, Minggu (22/1/2017) malam dan berlanjut lagi hingga Senin (23/1/2017). Pantauan GoSumut, di beberapa desa yang terendam seperti di Lumban Huayan, Kecamatan Sosa, ratusan rumah terendam dan air mengalir dengan derasnya. Fenomena yang sama juga tampak di Desa Pasir Jae, yang juga bertetangga dengan desa ini. Di desa ini, beberapa rumah juga terendam, bahkan sampai selutut orang dewasa.

Dalam waktu beberapa jam, Desa Pasar Ujungbatu Kecamatan Sosa, juga mengalami hal yang sama, dikarenakan meluapnya Sungai Sosa.

Informasi yag diterima, banjir di Desa Lumban Huayan dan Desa Pasir Jae terjadi sekitar pukul 13.00 siang. Hanya berselang dua jam, air pun surut. Kemudian, sore harinya sekitar pukul 17.00, banjir yang sama juga terjadi di Desa Pasar Lombang.

"Airnya datang cepat sekali. Saya tadi hanya tinggalkan rumah sebentar, datang lagi tiba-tiba air sudah penuh," kata Amas Muda Hasibuan, warga Pasir Jae, yang saat itu di rumahnya air menggenang sekitar 30 sentimeter.

Terlihat, beberapa karung padi sudah basah dan dikeringkan di tempat tiggi. Begitu juga dengan pakaian warga yang tidak sempat dipindahkan ke tempat aman.

"Kebetulan tadi saya keluar sebentar. Pas pulang, air sudah menggenang," kata Amas Muda.

Amas sempat menceritakan, banjir seperti ini sangat mengagetkannya. Terlebih, selama 15 tahun terakhir, baru kali ini terjadi banjir di daerahnya. Namun, di Pasir Jae ini hanya beberapa rumah yang ikut terendam. Sementara, kepanikan lebih dialami warga di desa tetangga, Lumban Huayan.

"Ma harom hamion (sudah gawat kami ini)," teriak beberapa ibu rumah tangga mengeluhkan kondisi banjir yang mereka alami.

Musibah banjir yang dialami warga ini mendapat perhatian langsung dari Pemerintah Kabupaten Palas. Wakil Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu turun langsung ke lokasi, untuk melihat kondisi banjir.  

"Tadi dapat kabar banjir di Desa Pasar Lombang. Sebelumnya, di Lumban Huayan juga. Tapi, di Lumban Huayan sudah surut," kata Zarnawi sebelum berangkat.

Sebelumnya, saat air mengalir deras di Desa Lumban Huayan, beberapa pejabat juga terlihat turun. Di antaranya, dari Kantor Camat Sosa, yang salah satunya terlihat Juliaden. Kemudian, tak berapa lama, turun juga pejabat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

"Ayo, kita tengok dulu langsung Sungai Sosa," kata warga kepada Ali Aceh, pejabat dari BPBD Palas yang turun ke lokasi.