BANDUNG - Buku kisi-kisi Ujian Nasional yang dibagikan kepada siswa-siswa SMA 1 Kawali, Ciamis, Jawa Barat, membuat heboh karena memuat gambar palu arit.

Polisi sudah meminta pihak SMAN 1 Kawali untuk menarik buku bergambar palu arit yang terlanjur dibagikan kepada siswa tersebut. Pihak kepolisian memastikan buku mata pelajaran Bahasa Inggris tingkat SMA berjudul 'New Mentor: Rahasia Cerdas Membedah Kisi-Kisi UN' itu tidak beredar di sekolah lainnya.

"Jadi untuk sementara buku tersebut hanya beredar di SMAN 1 Kawali saja," ucap Kapolres Ciamis AKBP Didi Hayamansyah saat dihubungi detikcom via telepon, Senin (23/1/2016).

Menurut Didi, buku sekolah memiliki konten palu arit itu ditemukan pihaknya pada pekan lalu. Polisi langsung turun tangan dan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis berkaitan peredaan buku tersebut di SMAN 1 Kawali.

"Kami sudah upayakan melakukan penarikan buku. Untuk masalah isinya kan lagi diteliti," ujar Didi.

Didi mengimbau agar masyarakat Kabupaten Ciamis untuk tetap tenang. Masyarakat juga turut serta menyampaikan kepada polisi kalau menemukan buku-buku seperti itu.

"Apabila ada hal serupa agar melapor kepada pihak berwajib," kata Didi.

Buku kisi-kisi UN Bahasa Inggris ini berjumlah 170 halaman yang diterbitkan tim penulis dari Mas Media Buana Pustaka dengan editor Qurrota Ayuni. Gambar palu arit termuat di halaman 16.

Pada halaman 16 ini mencantumkan judul 'Announcing the Robert S. Kenny Prize' yang dilengkapi dengan gambar palu arit di bawahnya dan dua buah soal pilihan di sampingnya.

"Tulisan tersebut dalam bahasa Inggris, intinya menceritakan penghargaan kepada pejuang buruh dan Marxis," kata Kabidhumas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus via pesan singkat.

"Pengadaan buku tersebut bersumber dari alokasi dana BOS pihak SMAN 1 Kawali," kata Yusri.***