TAPSEL - Pekerjaan Mallo Batubara (35) warga Desa Hutagodang, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapsel tiba-tiba terhenti. Pasalnya, saat menyangkul lahan kebunya yang mau ditanaminya, cangkulnya mengenai sebuah benda keras. Setelah dilihat, rupanya mirip dengan jenis alat peledak yang usianya diperkirakan sudah tua.

Kapolsek Batang Toru AKP Asmon Bufitra menceritakan, penemuan bom atau benda mirip alat peledak jenis tabung pelontar itu ditemukan pertama kali oleh Mallo Batubara pada Selasa (17/1/2017) kemarin. Dan baru dilaporkan pada Jumat (20/1/2017).

"Kalau ditemukan Selasa (17/1/2017) kemarin sekitar pukul 12.00 WIB, saat warga atas nama Mallo sedang mencangkul di kebunnya yang berada di areal Torsipili, Desa Garoga, Batang Toru. Tapi tidak dilaporkan langsung kepada kami, dan baru dilaporkan hari ini," ujar Asmon saat dikonfirmasi GoSumut, Jumat (20/1/2017).

Rupanya, Kata Kapolsek, Mallo hanya memberitahukan penemuan alat ledak yang diketahui jenis Tabung Pelontar atau sering disebut 'Jantung Pisang' itu kepada salah seorang warga lainnya bernama Agus.

"Jadi si Agus yang melapor ke Babinkantimas lalu dilaporkan ke kami," ungkap Kapolsek yang menjemput langsung benda tersebut bersama Danramil dan Camat Batang Toru.

Saat ditanya apa jenis dan masih aktif atau tidak, Asmon mengaku tidak mengetahuinya. Namun dilihat dari kondisinya, diperkirakan peninggalan zaman perang dulu dan sudah berkarat.

"Untuk jenisnya saya kurang tahu, tapi bentuknya bulat panjang mirip senter. Dan kondisinya juga sudah karatan," tukasnya dan akan melakukan penyelidikan terkait temuan benda tersebut.

Untuk mengetahui aktif atau tidaknya alat peledak itu, pihaknya berkordinasi dengan petugas dari Detasemen C Sat Brimbdasu. Dan memberikan benda tersebut untuk diselidiki.

"Bendanya sudah kita serahkan ke pihak Brimob untuk diselidiki, masih aktif atau tidak. Begitu juga dengan pihak yang menemukan sudah kita mintai keterangannya," pungkasnya dan mengimbau warga untuk melapor serta berhati-hati jika menemukan kembali benda yang serupa.