MEDAN -Wakil Kepala Polrestabes Medan, AKBP Mahedi Surindra mengatakan, dalam waktu dekat semua mobil patroli kepolisian akan dipasangi alat Global Positioning System (GPS). GPS ini, kata Mahedi, terhubung ke aplikasi berbasis online milik Kepolisian Daerah Sumatera Utara yang akan di-launching pada 5 Februari mendatang. "Kenapa mobil patroli dipasangi GPS, tentu agar lebih memudahkan pelacakan. Ketika masyarakat menekan tombol pada aplikasi online itu, maka akan muncul dimana lokasinya sehingga memudahkan petugas kami turun ke lokasi," ungkap Mahedi saat menggelar dialog dengan wartawan Unit Polrestabes Medan, Sabtu (21/1/2017).

Menurut Mahedi, masyarakat tak perlu lagi menelpon polisi apabila ada kejadian, seperti begal ataupun pembunuhan. Warga cukup mengunduh aplikasi online Polda Sumut, lalu memilih domisili, dan membuka laman pelaporan.

"Ketika mengklik di aplikasi itu, misalnya kasus begal, anggota akan segera meluncur kesana. Jadi lebih mudah dan cepat," kata perwira berpangkat dua melati ini.

Disinggung lebih lanjut keunggulan lainnya yang dimiliki aplikasi tersebut, Mahedi meminta bersabar. Sebab, Launching aplikasi ini akan diadakan bulan depan.

"Nanti saja ketika launching akan dijelaskan lebih detail menyangkut aplikasi ini. Kalau sekarang, nanti mendahului pula," ungkapnya.