MEDAN - Penasehat Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak - Kanak Indonesia (GOPTKI) Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin menyerahkan alat permainan edukatif ( APE) untuk anak TK dan PAUD se-Kota Medan di halaman Kantor Camat Medan Johor , Jumat (20/1/2017). 

Penyerahan APE ini dilakukan dalam rangka melengkapi permainan anak-anak di PAUD maupun TK, guna mewujudkan anak-anak yang sehat, cerdas serta ceria.

Ketua DPC GOPTKI Kota Medan, Ny Nurul Khairani Akhyar turut mendampingi Hj Rita Maharani ketika menyerahkan APE disaksikan langsung Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar nasution MSi, sejumlah camat, unsur Muspika, anggota TP PKK Kota Medan,  para guru PAUD dan TK se-Kota Medan.        

Dalam sambutannya, Hj Rita Maharani yang juga selaku Bunda PAUD Kota Medan mengatakan, pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan suatu wadah pelayanan pendidikan yang diberikan bagi anak-anak usia dini berusia 0 sampai 6 tahun. Tujuannya untuk mempersiapkan anak-anak mendapat pendidikan dasar selanjutnya serta mewujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas dan ceria.

"Anak usia dini merupakan periode yang penting dalam kehidupan manusia menjadikan anak yang berkarakter sesuai bakat dan minat masing-masing. Artinya dalam melakukan pembinaan anak PAUD diperlukan sarana dan prasarana yang mandiri, guna melengkapi alat-alat permainan di PAUD maupun TK masing-masing,” kata Hj Rita Maharani.

Selanjutnya Hj Rita berharap agar APE yang diserahkan ini dapat dimanfaatkan bagi anak-anak PAUD maupun TK secara baik, khususnya Bunda PAUD Kecamatan yang mendapatkan APE tersebut, agar dapat membina dan memantau PAUD dan TK di wilayahnya guna dapat berkembang sesuai dengan apa yang diharapkan.

"Saya berharap APE ini dapat bermanfaat bagi anak PAUD dan TK binaan kita, sehingga mereka nantinya dapat menjadi generasi emas serta menjadi pemimpin-pemimpin bangsa di masa mendatang,” harapnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution Msi sangat mengapresiasi GOPTKI Kota Medan dalam menyumbangkan alat peraga atau alat permainan edukatif bagi anak PAUD dan TK. Sumbangan itu dinilainya dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan anak usia dini sehingga nantinya melahirkan anak - anak yang cerdas, mandiri dan kreatif.

"Kegiatan ini sangat positif dalam mendukung kegiatan belajar - mengajar pada tingkat PAUD dan TK. Jadi saya mengapresiasinya, insya Allah bantuan APE ini dapat memberikan manfaat bagi anak didik kita,” ungkap Akhyar.

Sebelumnya Ketua DPC GOPTKI Kota Medan, Ny Nurul Khairani Akhyar dalam laporannya menjelaskan, penyerahan APE ini dilakukan dalam upaya peningkatan kualitas sarana dan prasarana PAUD atau TK. Di samping itu untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana APE.

"APE ini diserahkan kepada tujuh kecamatan di Kota Medan, masing-masing Kecamatan Medan Tuntungan,  Medan Johor, Medan Amplas, Medan Petisah, Medan Baru, Medan Selayang, Medan Sunggal dan kecamatan Medan Kota. Bantuan APE ini sebanyak 10 unit yang kita alokasikan untuk  6  PAUD dan 4 TK di Kota,", jelas Ny Nurul.

Penyerahan APE ini mendapat apresiasi penuh dari para orang tua murid TK maupun PAUD yang hadir. Sebab, mereka menilai bantuan yang diberikan itu dapat meningkatkan kecerdasan dan kreatifitas sang anak. Oleh karenanya mereka pun berharap agar bantuan itu tidak hanya untuk 7 kecamatan, tetapi sleyuruh kecamatan di Kota Medan. Dengan demikian keinginan untuk melahirkan anak yang sehat, cerdas dan kreatif dapat terwujud. (H)