JAKARTA - Semua kalangan atau pun tokoh nasional semua sudah melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo. Hanya satu nama saja yang sejauh ini belum bisa dipastikan untuk bertemu Jokowi, yakni Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sebelumnya, Jokowi baru saja menggelar pertemuan dengan Try Sutrisno dan BJ Habibie.

Menurut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, pertemuan tersebut berlangsung berkat permintaan dari Try Sutrisno dan BJ Habibie. Pihak istana pun tanpa membuang banyak waktu, ucap Pratikno, langsung menyusun jadwal dari pertemuan antara presiden, mantan presiden dan mantan wakil presiden tersebut.

"Tadi kebetulan Pak Try Sutrisno dan Pak Habibie kan memang mengajukan permohonan audiensi kepada Pak Presiden dan langsung kita jadwalkan," demikian ucap Pratikno di Gedung Sekretariat Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (19/1).

Meski begitu, Pratikno memastikan bahwa sejauh ini belum ada permintaan dari Presiden kelima RI SBY. "Belum, belum ada," ucap Pratikno menerangkan.

Namun seandainya permintaan atau permohonan untuk bertemu, maka pihaknya akan segera menindaklanjuti. "Tadi kan mengajukan permohonan cepat, langsung kita respons," kata Pratikno.

Lalu, seberapa penting sebenarnya pertemuan antara Jokowi dengan para mantan kepala negara?

"Beliau-beliau yang mengajukan, yang meminta waktu untuk audiensi, dan kemudian tentu saja Presiden sangat gembira menerima masukan," kata Pratikno.

Lalu, bagaimana prosedur pengajuan permohonan tersebut? "Pakai surat atau telepon ke saya juga bisa," kata Pratikno. ***