PANDAN - Sedikitnya tiga Doktor (S3) dihadirkan KPUD Tapteng sebagai Panelis dalam acara debat kandidat calon bupati dan calon wakil bupati Tapanuli Tengah, peridoe 2017-2022, yang tahap pertama akan diselenggarakan pada Senin, (23/1/2017) di GOR Pandan. Demikian penjelasan komisioner KPUD Tapteng, Timbul Panggabean ketika dikonfirmasi ANTARA di ruang kerjanya.

Menurut Timbul, ketiga Doktor yang menjadi Panelis itu sudah ok, dan tinggal menunggu hari pelaksanaan debat. Demikian juga dengan moderator dari kalangan akademisi juga sudah siap, dan tinggal menunggu hari pelaksanaan.

“Kami dari KPU Tapteng sudah siap untuk menggelar debat kandidat yang baru pertama kali dilaksanakan oleh KPUD Tapteng. Mari kita doakan agar pelaksanaan debat ini berjalan dengan baik dan aman agar visi misi para calon bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat,” kata Timbul.

Sesuai dengan rencana KPU, debat kandidat ini akan disiarkan langsung oleh RRI Sibolga, dan juga disiarkan ulang oleh stasiun televisi. Dengan demikian hasil dari debat itu akan dapat disaksikan orang banyak, termasuk para anak rantau Tapteng yang ada di luar daerah.

“Semuanya sudah kita sipakan, termasuk dibidang pengamanan sudah dikoordinasi dengan pihak Polres. Karena dalam pelaksanaan debat itu, para pendukung masing-masing paslon hanya 25 orang yang bisa masuk dalam ruangan. Demikian juga dengan media dibatasi jumlahnya. Langkah itu kita ambil untuk memberikan rasa aman dan tenang saat proses debat dilaksanakan,” terang Timbul.

Dalam debat kandidat tahap pertama ini akan dibagi dalam 7 sesi, mencakup visi misi calon, penajaman visi misi, pertanyaan dari panelis, pertanyaan dari moderator kepada masing-masing paslon, dan debat sesama kandiat dan ditutup dengan closing statement.

Debata kandidat ini akan dilakukan sebanyak tiga kali, yakni tahap pertama 23 Januari 2017, debat kedua tanggal 30 Januari 2017 dan debat ketika tanggal 6 Februari 2017, di lokasi yang sama, GOR Pandan, mulai pukul 20.00-23.00WIB.