MEDAN - Ketua Lembaga Riset Publik Indonesia (Larispa) M.Rizal Hasibuan mengatakan, saat ini hanya ada 2 kandidat sosok yang paling pas memimpin Sumut yaitu Tengku Erry Nuradi dan juga Ngogesa Sitepu.

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH dan juga Tengku Erry Nuradi yang sering dipanggil Paten (Pak Tengku Erry Nuradi) ini dinilai potensial untuk menjadi Gubernur Sumatera Utara pada Pilgub 2018 mendatang. Hal ini dikarenakan kempimpinan mereka yang sukses selama menjadi Bupati Langkat dan juga menjadi Gubernur Sumut.Dan juga mereka memiliki pengalaman di pemerintahan yang cukup mapan.

Apalagi kata Rizal, Ngogesa Sitepu saat ini juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Sumut karena basis massa yang dimiliki oleh partai berlambang pohon beringin tersebut sangat banyak tidak terkecuali di Sumut sendiri.

"Hal lain yang menjadi track record beliau adalah kesuksesannya menjadi Bupati Langkat dua periode yang tanpa ada kekurangan dan terbukti sangat dicintai warga Langkat, banyak prestasi yang dia peroleh selama memimpin Langkat, dan juga Tengku Erry Nuradi saat ini menjabat Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sumatera Utara, tentunya juga mempunyai basis massa yang banyak juga," ujar Rizal, Kamis (19/1).

Prestasi yang diperoleh oleh Bupati Langkat Ngogesa Sitepu telah banyak diperoleh, diantaranya adalah pengharagaan Peringkat Pertama Terbaik se-Indonesia dalam Pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), prestasi di bidang lingkungan dengan mencatatkan Kota Stabat sebagai peraih Piala ADIPURA selama 7 kali kali berturut-turut, serta ditetapkannya empat sekolah di Langkat sebagai peraih Adiwiyata Mandiri dari Pemerintah RI.

"Selain itu program perlindungan perempuan dan anak telah berhasil dilaksanakan oleh Ngogesa, dan tentunya prestasi-prestasi lainnya yang tidak mungkin disebutkan satu persatu disini," tandas Rizal.


Rizal menambahkan walaupun saat ini beberapa calon lain telah muncul untuk meramaikan bursa calon Gubsu 2018 nanti seperti JR Saragih, Gus Irawan, Pangkostrad Eddy Rahmayadi dan tokoh-tokoh besar lainnya yang telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Namun saya berkeyakinan sosok Ngogesa dan pak Erry Nuradi paling pas untuk Sumut.

"Tentunya peluang ini harus disikapi dengan menyamakan visi dan misi dan keterikatan emosional kedua pasangan ini, saya berpikir keduanya memiliki kedekatan yang sama,untuk siapa yang no 1 dan no 2 saat ini belum dapat dinilai karena keduanya sama-sama memang pantas untuk menjadi no 1 di Sumut," urai Rizal.

Penilaian untuk kedua tokoh besar di Sumut ini juga dapat dilihat dari segi etnis. Yaitu Batak Karo dan Melayu. Istri Tengku Erry Nuradi ibu Evi Diana Sitorus dari Batak dan istri pak Ngogesa Sitepu ibu Hj Nuraida berasal dari Jawa jadi semua etnis saling melengkapi, kata Rizal.

"Apalagi dari segi kursi di DPRD juga sudah melengkapi kedua tokoh tersebut, partai Golkar 17 kursi dan juga Nasdem 5 kursi, jadi sekali lagi pak Erry dan pak Ngogesa paling mumpuni untuk memimpin Sumut kedepan," pungkas Rizal.