MEDAN – Polda Sumatera Utara mengirimkan 454 personel brimob ke Aceh untuk membantu pengamanan pilkada serentak yang akan berlangsung di provinsi itu pada 2017. Mereka diberangkatkan ke Aceh dengan bus pariwisata. Wakapolda Sumatera Utara, Brigjen Adhi Prawoto memimpin apel sekaligus melepaskan keberangkatan pasukan tersebut di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut di Kota Medan, Kamis (19/01/2017).

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting mengatakan, dari 454 personel yang dikirim, 254 orang di antaranya diberangkatkan dengan bus pariwisata. Sedangkan 200 personel lagi sudah lebih dulu berada di Aceh usai dikirim pascagempa 6,5 skala Richter di Pidie Jaya, pada (7/12/2016).

“Jadi total pasukan brimob Polda Sumut yang diberdayakan untuk membackup pengamanan pilkada serentak di Aceh sebanyak 454 orang. Mereka berada di sana untuk menjamin pelaksanaan pilkada di Aceh berjalan aman dan kondusif. Pencabutan pasukan sampai ada perintah untuk kembali ke kesatuan masing masing," ujar Rina.

Sementara Wakapolda Sumut dalam sambutannya, personel brimob yang dikirim tersebut untuk membantu menanggulangi gangguan kamtibmas seperti kerusuhan massa, kejahatan terorganisasi bersenjata api atau teror bom yang dapat menggangu pilkada di Aceh.

“Segera menyesuaikan diri dengan lingkungan penugasan dan jalin koordinasi yang baik," pungkasnya.

Sementara Polda Aceh mengerahkan satu per tiga kekuatannya untuk mengamankan pilkada serentak yang akan digelar pada pertengahan Februari 2017.