JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Charles Honoris mengatakan, pihaknya mengapresiasi pernyataan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang menyebutkan bahwa TNI siap menghadapi ormas anti-Pancasila.

"Statement yang sudah kami tunggu sejak lama akhirnya disampaikan secara tegas oleh panglima TNI," kata Charles di kompleks Parlemen Jakarta, Rabu (18/1/2017).

Karena menurutnya, Kebhinekaan Indonesia sedang diganggu oleh aksi-aksi Ormas intoleran yang selama ini meresahkan publik, mengganggu ketertiban umum dan mengancam persatuan bangsa.

"Mereka berani karena mungkin merasa dibeking oleh orang-orang kuat," ujar Charles.

Dia juga menjelaskan, sebagai garda terdepan pertahanan NKRI, TNI punya kewajiban untuk melindungi NKRI dari perpecahan termasuk dalam hal ini menghadapi ormas intoleran.

Sikap yang tegas dari TNI justru mempermuda proses penegakkan hukum yang dilakukan oleh kepolisian.

"Solidaritas TNI- Polri merupakan kunci yang bisa membuat Indonesia aman dan menjaga stabilitas politik nasional," ujarnya.

Dirinya juga berharap, TNI dan Polri tetap di depan menjaga keutuhan NKRI. "Tidak boleh ada beking aparat. Karena aparat inilah garda terdepan dan terakhir yang menjaga NKRI," pungkasnya. ***