MEDAN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir gempa bumi di Deliserdang berkekuatan 5,6 SR. Gempa ini berkedalaman 10 km. BMKG melalui akun twitternya melansir gempa terjadi pukul 19.42 WIB. Lokasi gempa berada di 3.33 LU,98.46 BT atau 28 km BaratDaya Deli Serdang. Belum ada laporan mengenai dampak gempa.
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir gempa bumi di Deli Serdang berkekuatan 5,6 SR. Gempa ini berkedalaman 10 km.

Sebelumnya juga terjadi gempa 3.9 SR, 16-Jan-17 pukul 19:13:30 WIB, dengan pusat gempa di darat pada 23 km barat daya Kabupaten Deli Serdang dengan kedalaman 10 km. Gempa dirasakan di Medan I-II MMI (ISIG).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan merilis penyebab gempa bumi yang terjadi di Sumatera Utara, khususnya dititik gempa yakni antara perbatasan Deliserdang dengan Tanah Karo. Menurut prediksi BMKG, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya gempa.

“Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Sibolangit dengan intensitas sekitar III SIG-BMKG atau setara dengan VI MMI. Medan II SIG-BMKG (IV-V MMI), sedangkan Tuntungan, Tebing Tinggi, Pematang Siantar intensitasnya II SIG-BMKG ( II-III MMI),” kata Kepala Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan kepada Gosumut hari ini.