MEDAN - Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Hannalore Simanjuntak, meminta masyarakat Medan dan sekitarnya untuk tidak panik pasca gempa yang terjadi Senin (16/1/2017) malam. Hal itu dikarenakan kondisi sudah aman terkendali. "Kondisi Medan hingga saat ini sudah aman dan terkendali, pasca gempa yang terasa di Kota Medan denagn durasi 5-8 detik," ungkap dia dalam keterangan pers yang diterima redaksi GoSumut.

Diakuinya, sempat terjadi kepanikan dari masyarakat saat terjadi gempa khususnya di tempat-tempat keramaian seperti plaza, mall dan hotel. Namun saat ini pihaknya terus melakukan monitoring beberapa lokasi di Medan.

"Hingga berita ini disampaikan, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Medan sudah monitor ke seputaran Kota Medan dan dari hasil pantauan Tim yang memantau di lapangan, TRC berhasil  mengumpulkan beberapa dokumentasi dibeberapa titik kumpul dan dampak kerusakan serta hal-hal  lainnya di Kota Medan akan disampaikan lebih lanjut," terangnya.

Sementara isu tsunami yang berkembang di masyarakat, pihaknya memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. "Tidak berpotensi," tutup Hannalore.