TANJUNGBALAI – Mafia penyelundup menyerang petugas Bea dan Cukai (BC) Teluk Nibung Tanjungbalai. Akibatnya, beberapa petugas mengalami luka-luka akibat serangan para masa bayaran. Tidak hanya itu, kapal patroli BC pun nyaris terbakar akibat disiram bensin. Peristiwa penyerangan tersebut terjadi, Kamis (12/1/2017) lalu. Informasi diproleh dari Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Teluk Nibung Fuad Fauzy, melalui Kasi P2 M Firdaus, penyerangan bermula saat  petugas BC yang sedang berpatroli di perairan Sungai Asahan. Saat itu petugas mendapati sebuah kapal kayu yang diduga bermuatan barang ilegal dan berpotensi membawa narkoba.

“Petugas pun kemudian berusaha melakukan pencegahan terhadap kapal kayu tersebut. Namun saat akan didekati oleh kapal patroli, ternyata di atas kapal terlihat sejumlah massa sekitar lebih dari 50 orang melakukan penyerangan kepada petugas,” ujar Firdaus, yang ditulis Sabtu (14/1/2017).

Petugas Bea Cukai pun kemudian berusaha memperingatkan agar kapal tersebut berhenti. Bukannya berhentik, para mafia yang ada di kapal menyerang petugas dan menyirim kapal patrioli dengan bensin dikemas di dalam plastik, dan dilanjutkan menyerang dengan menggunakan petasan yang diarahkan ke petugas dan kapal patroli, sehinggga menyebabkan kapal patroli BC 15031 mengalami ledakan dibagian buritan dan ruang nakhoda serta ruang akomodasi depan.

Akibat penyerangan tersebut kondisi kapal rusak parah di bagian dalam dan sebagian tas serta pakaian yang ada di dalam kapal patroli terbakar dan 4 orang petugas mengalami luka-luka pada bagian kaki, tangan dan bahu akibat terkena ledakan petasan serta pecahan kaca.

“Atas kondisi tersebut telah dilakukan evakuasi terhadap kapal patroli dengan menggunakan kapal nelayan untuk ditarik ke dermaga Bea Cukai Teluk Nibung, dan terhadap petugas yang mengalami luka-luka telah dilakukan pengobatan,” terang Firdaus.

Dikatakanya atas kejadian tersebut telah dilaporkan ke Polres Tanjungbalai, dan selanjutnya secara tertulis akan dilanjutkan esok hari untuk pemeriksaan lebih lanjut di Sat Pol Air Polres Tanjung Balai.