JAKARTA - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono, mengatakan dia tak mau menjadi calon gubernur yang hanya bisa berdebat. Hal itu disampaikannya sehari setelah debat pasangan calon yang diadakan Komisi Pemilihan Umum Jakarta. 

"Saya ingin tampil baik untuk debat selanjutnya, tapi saya tidak ingin menjadi gubernur debat. Kami ingin jadi gubernur rakyat," kata Agus saat ditemui seusai blusukan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu, (14/1/2017). 

Agus mengaku cukup puas dengan penampilannya semalam dalam acara debat itu. Ia yakin banyak orang merasa kaget dengan penampilannya semalam.

Namun ia mengatakan debat itu sebatas menyampaikan gagasan dan visi-misi para calon agar lebih dimengerti masyarakat.

"Bagi saya itu paling penting, bertemu langsung dengan rakyat, mencatat apa yang ingin mereka hadirkan untuk lingkungan mereka," ujar anak sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Dengan cara itu, kata Agus, justru masyarakat bisa melihat calon pemimpin mana yang memang bekerja untuk mereka. Karena itu, dalam debat selanjutnya, Agus berharap cara nilai tersebut tidak hilang dari cara dia dan wakilnya, Sylviana Murni, dalam berdebat.

"Harapan saya sama, kami tetap bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang apa yang kami gagas dan apa yang kami ingin berikan kepada mereka jika terpilih," tuturnya. 

Semalam, tiga pasangan calon menjalani debat terbuka di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Dalam debat yang dilangsungkan Komisi Pemilihan Umum itu, ketiga calon tampak saling beradu argumen terkait dengan program lawan dan program sendiri. ***