SIMALUNGUN - Kepolisian Resor Simalungun menggelar Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-36 Satuan Pengamanan (Satpam) Kabupaten Simalungun di lapangan Perkebunan Bridgestone Serbelawan Kecamatan Dolok Batu Nanggar Kabupaten Simalungun. Selasa (10/1-2017) Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Simalungun AKBP Yofie Girianto Putro, S.IK, sebagai Komandan Upacara Kanit Reskrim Polsek Serbelawan resor Simalungun IPDA Iwan Hermawan. Kegiatan ini dihadiri beberapa Pejabat Utama dan Kapolsek sejajaran Polres Simalungun serta Pimpinan pengguna Satpam di Kabupaten Simalungun.

Peserta Upacara HUT Satpam ke-36 ini antara lain Pleton Brimob, Pleton Bhabinkamtibmas Polres Simalungun, Pleton Sat Sabhara Polres Simalungun, Pleton Satpam, Pleton Sat Pol PP Pemkab Simalungun dan Pleton Pramuka.

Upacara ini mengusung thema “Kita Tingkatkan Kompetensi Profesi Satpam Indonesia dengan melalui Pelatihan Kompetensi dalam rangka Pelaksanaan Tugas secara Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter) Guna Menciptakan Stabilitas Keamanan dan Ketertiban Di Lingkungan Kerjanya”.

Inspektur Upacara membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi Drs. M. Titi Karnavian, MA.Ph.D, menyampaikan bahwa Peringatan ini dilaksanakan secara serentak di Polres-Polres dengan maksud untuk mengetahui penggelaran potensi satuan pengamanan swakarsa di wilayahnya masing-masing, sebagai mitra keseharian dalam mengemban fungsi Kepolisian di lapangan.

Anggota Satuan Pengamanan adalah mereka yang secara fungsional dan structural memiliki peran dalam tata kelola pengamanan proses bisnis organisasi. Sehingga Anggota Satuan Pengamanan memiliki posisi strategis, sebagai yang terdepan dalam rangka upaya menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha di Negara kita. Dalam hal ini Kapolri telah menetapkan kebijakan prioritasnya sebagai salah satu dari sebelas program prioritas yaitu “Membangun Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Kamtibmas".

“Diucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh komunitas anggota Satuan Pengamanan, Pimpinan badan usaha Jasa Pengamanan, Asosiasi bidang pengamanan serta seluruh stakeholder, atas dedikasi dan kerjasamanya dalam menumbuh kembangkan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa menjadi satu standar system manajemen pengamanan di Indonesia yang diakui oleh masyarakat dunia”. Tegasnya.

Setelah selesai Upacara, dilanjutkan dengan pelepasan balon HUT Satpam, pemotongan nasi tumpeng kemudian diberikan kepada petugas Satpam yang dituakan dilanjutkan dengan peragaan PHH Dalmas dan peragaan tongkat/ borgol Polri oleh anggota Satpam.