MEDAN - Membantu anak-anak yang tidak mampu secara ekonomi untuk menggapai impiannya dan membuat sebuah perubahan yang positif bagi anak-anak, itulah yang kerap dilakukan Medan Generasi Impian (MGI), sekelompok pemuda yang peduli akan pendidikan. Dalam hal ini, MGI menggelar workshop metode belajar negeri gingseng pada (11-12/1/2017), dimana kegiatan tersebut turut mengundang pemateri dari Korea Selatan.
 
Workshop hari pertama ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan (Unimed), tepatnya di gedung laboratorium FMIPA pada (11/1/2017). Kegiatan ini bertujuan melatih guru dan calon guru yang akan disampaikan oleh Park Jang Hwang.
 
Menurut Humas MGI, Fatimah Salsabela, Park Jang Hwang merupakan seorang master guru di Korea Selatan, ia merupakan pengawas guru-guru di Korea. Sehingga banyaknya penelitian tentang metode pengajaran. Sehingga antusias mahasiswa yang peduli dengan pendidikan inilah yang membawanya ke Medan.
 
"Dia ingin membantu mempercepat kemajuan pendidikan di Indonesia, dengan kemampuan yang ia miliki. Jadi kita mencoba untuk bekerja sama dengannya," ujar Fatimah kepada GoSumut, Rabu (11/1/2017).
 
Menurut Fatimah, dahulu sebelum pendidikan di Korea seperti sekarang, pendidikan di Korea itu sama seperti pendidikan yang ada di Indonesia saat ini. Hal ini juga yang membuat Park Jang Hwang semakin tertarik untuk memberikan kontribusinya terhadap pendidikan di Indonesia secara sukarelawan.
 
"Dia bilang kalau dulunya situasi pendidikan di Korea itu sama seperti di Indonesia sekarang ini. Karena ia sudah melewati masa seperti itu, dia mencoba untuk berbagi apa yang bisa dia lakukan untuk kemajuan pendidikan kita," ujar Fatimah.
 
Peserta dalam kegiatan ini merupakan calon guru dan mahasiswa di bidang pendidikan. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan beberapa metode pembelajaran yang sedang dikembangkan di Korea dan cocok di terapkan di Indonesia.