MEDAN-Lalu lintas di kawasan Lapangan Merdeka, tepatnya di Jalan Ahmad Yani, Jalan Stasiun Kereta Api, Jalan Pulau Pinang, Jalan Balai Kota dan Jalan Raden Saleh sempat lumpuh akibat pohon tumbang di Merdeka Walk, Senin (9/1/2017). 

Pantauan Gosumut hingga berita ini diturunkan pukul 16.15 wita, terjadi kemacetan panjang. Sebaiknya hindari wilayah Lapangan Merdeka, agar tidak terjebak dalam kemacetan dan memperparah kondisi darurat tersebut.

Jalan Balai Kota merupakan jalan poros, sehingga saat kejadian, lalu lintas macet dan bertepatan dengan jam makan siang sehingga banyak kendaraan dan pengunjung yang datang untuk mencari tempat makan siang.

Wilson, salah seorang saksi mata yang kebetulan sedang berada sangat dekat dengan pohon tumbang di Merdeka Walk menyampaikan bahwa pohon tumbang mungkin karena umur pohonnya sudah tua dan angin kencang yang bertiup di kawasan Lapangan Merdeka Medan.

Saksi mata lainnya Syamsul menyampaikan sebelum pohon tumbang ada satu keluarga yang hendak parkir tiba-tiba karena melihat pohon besar akan tumbang, mobil yang belakangan diketahui ditumpangi marga Manurung itu mundur dan menghindar dengan cepat, keluarga itu pun terhindar dari maut.

Malang bagi dua mobil yang parkir dan satu unit motor yang tertimpa pohon rusak. Untuk mengamankan lokasi kejadian, Polisi langsung turun ke lokasi mengatur arus lalu lintas. Petugas dari Dinas Pertamanan pun dengan cepat memotong pohon yang tumbang agar tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

Untuk menghindari kemacetan lalu lintas di kawasan Lapangan Merdeka, pengguna jalan yang hendak melintasi kawasan ini bisa berbalik arah atau mencari jalan alternative agar tidak terjebak kemacetan.