MEDAN - Untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang rencananya akan digelar mulai April 2017, Kepala Sekolah SMA Sultan Iskandar Muda Edy Jitro, Minggu (8/1/2017) menyampaikan kesiapan sekolahnya dalam menghadapi hal itu. “Fokus kita sekarang adalah mengedukasi siswa dan melakukan uji coba-uji coba agar siswa nantinya siap dalam menghadapi UNBK,” ujar Edy.

Sebelumnya, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud, Hamid Muhammad saat berkunjung ke Medan, Sabtu (7/1/2017) kemarin menyampaikan bahwa hal terpenting dalam menghadapi UNBK adalah kesiapan sekolah yang akan menyelenggarakan UNBK.

“Dari data kita ada sebanyak 12.053 sekolah/madrasah dengan kapasitas total 2.188.947 siswa yang telah siap melaksanakan UNBK. Kita memberi tenggat waktu kepada pemerintah provinsi agar segera menyerahkan rancangan pengindukan sekolah yang belum memiliki fasilitas memadai untuk menyelenggarakan UNBK,” katanya kepada Go Sumut.

Dengan jadwal UNBK yang berbeda, lanjut Hamid antara SMA/SMK dan SMP/MTs, komputer dapat dipergunakan secara bergantian.

Hamid yang sebelumnya menjabat Dirjen Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) ini menambahkan UNBK dijadwalkan digelar pada April-Mei 2017. Rinciannya, UNBK untuk SMK pada 3-6 April, SMA/MA pada 10-13 April, dan untuk SMP/MTs dirancang dalam dua gelombang. Gelombang pertama mulai tanggal 2-4 dan 15 Mei, sedangkan gelombang kedua mulai pada 8-10 dan 16 Mei mendatang.