PALAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) mengakui jika pembangunan infrastruktur khususnya jalan, masih menjadi skala prioritas untuk tahun 2017. Dimana beberapa jalan kabupaten akan dibenahi, guna mempermudah akses warga ke tempat mereka.

Bupati Palas, Ali Sutan Harahap mengatakan, jalan yang dibangun adalah jalan ke arah Hapung dari Pasar Sibuhuan sudah mulus. Jalan ini sudah diaspal hotmix. Sehingga tidak ada lagi jalan berlubang ke arah daerah tersebut.

Hal serupa juga di jalan lingkar jalur II yang menghubungkan Sigala-gala – Latong. Dimana tahun 2016 lalu telah dikerjakan dalam memperpanjang jalan yang sudah dihotmix sebelumnya. “Tahun ini, jalur dua itu sudah tuntas,” kata Ali Sutan Harahap (TSO) saat berbincang dengan wartawan.

BACA JUGA

Wabup Madina: Pendidikan akan jadi Prioritas Pembangunan

Rita Maharani Korek Parit Bersama Warga

Tentu hanya itu, jalan di daerah Huristak juga jadi perhatian. Bahkan, lanjut dia, ada jembatan yang dibangun di daerah ini yakni Jembatan Aek Ela. Begitu juga jalan ke arah Sihapas Barumun. “Pokoknya prioritas kita jalan dulu dan jembatan. Ada beberapa jembatan yang dibangun tahun ini,” sebut bupati.

Selain jalan, infrastruktur pendidikan dan kesehatan juga akan dibenahi. Bakal ada enam Puskesmas yang akan direhab untuk dijadikan Puskesmas rawat inap. Dengan begitu, mereka yang jauh dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sibuhuan, tetap mudah mendapatkan perawatan di Puskesmas.

“Kita dorong juga tim Nusantara Sehat bertambah lagi ke Padang Lawas dari Kementerian Kesehatan,” ujar TSO.

Untuk di pedesaan, jalan pertanian juga akan menjadi perhatian. Hanya saja, jalan pertanian akan banyak dibangun dari dana desa. Di samping itu, untuk meningkatkan ekonomi warga sekitar, juga akan digalakkan pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Di samping itu, pembangunan Masjid Agung juga akan dilanjutkan tahun ini. Tahap pertama sudah dibangun tahun lalu dengan anggaran sebesar Rp10 miliar. Rencananya, anggaran untuk Masjid Agung mencapai Rp50 miliar lebih hingga pembangunannya selesai.

“Infrastruktur pertanian juga akan kita perhatikan, seperti pembangunan irigasi. Dengan harapan, kita bisa menjadi swasembada pangan,” harap bupati.