IDI - Anggota Satreskrim dan Intelkam Polres Aceh Timur, mengamankan satu orang pelaku teror melalui telepon genggam yang menyatakan dirinya telah menanam sebuah bom di sebuah acara peresmian dayah.

Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, mengungkapkan, pelaku berinisial ISM alias RBO, (43) diamankan setelah melakukan teror terhadap warga Gampong Keude Blang, Kecamatan Idi Rayeuk, Tgk Usman Musa, (46).

Baca

Dugaan Bom di RS Ibnu Sina Padang, Kapolda: Itu Bukan Bom, Tapi Teror

Kejadian bermula ketika pelaku menelpon Tgk Usman Musa yang saat itu menghadiri peresmian Dayah Bustanut Tazkirah di Gampong Keude Blang. Semula pelaku menanyakan posisi Tgk Usman Musa dan dijawabnya sedang berada di lokasi peresmian dayah.

Baca

Tersangka Peletak Diduga Bom di Gereja Bireuen Bertambah

“Pelaku kemudian mengatakan jangan lalai tepung tawar karena nanti Tgk Imum terbang ke pokok pinang karena bomnya sudah saya tanam satu,” kata Kapolres.

Usai mendapat ancaman tersebut, Tgk Usman Musa kemudian menghubungi Polsek Idi Rayeuk yang kemudian diteruskan ke Satreskrim Polres Aceh Timur. Atas informasi tersebut anggota Opsnal Sat Reskrim bersama anggota Opsnal Sat Intelkam Polres Aceh Timur dan Tim Jibomb Kompi 2 Batalyon B Pelopor Brimob Aramia menuju ke lokasi untuk menseterilkan lokasi.

Setelah dilakukan sterilisasi tidak ditemukanya adanya bahan peledak di seputar lokasi peresmian dayah. “Saat ini pelaku sudah kami amankan guna pemeriksaan lebih lanjut,” kata Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto.