JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito memimpin langsung pelantikan enam Kapolda dan 3 pejabat teras Mabes Polri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (4/1/2017).

Berdasarkan Surat Telegram bernomor T/2987/XII/2016 tertanggal 12 Desember 2016, enam Kapolda yang dilantik pada hari ini adalah Kapolda Jawa Timur Machfud Arifin, Kapolda Bali Irjen Petrus R Golose, Kapolda Nusa Tenggara Timur Brigjen Agung Sabar Santoso, Kapolda Sulawesi Utara Brigjen Andap Budi Revianto, Kapolda Sumatera Barat Brigjen Fakhrizal, dan Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Anang Revandoko.

"Saya akan setia pada UUD 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan menaati seluruh peraturan dan UU dengan penuh pengabdian. Menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah, dan Polri," ucap Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat memimpin pembacaan sumpah diikuti 6 kapolda baru lainnya, Jakarta, Rabu (4/1/2017).

Keenam kapolda baru itu pun mengikuti sumpah yang dibacakan oleh Tito Karnavian.

Selain melantik enam kapolda, Kapolri juga melantik sejumlah pejabat teras Mabes Polri. Di antaranya Asisten Sarana dan Prasarana Irjen Eko Hadi Sutedjo, Kepala Divisi Teknologi dan Informasi Polri Irjen Prasta Wahyu Hidayat, dan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Brigjen Royke Lumowa.

Setelah masing-masing perwira tinggi yang dilantik membacakan sumpah jabatannya, mereka langsung menandatangani Berita Acara Serah Terima Jabatan dan Pakta Integritas.

Pelantikan enam kapolda dan tiga pejabat Mabes Polri ini tertuang dalam ST/2987/XII/2016 tertanggal 12 Desember 2016 yang ditandatangani oleh Wakil Kepala Polri Komjen Syafruddin.***