MEDAN - Hari ke empat bulan Januari 2017, Rabu (4/1/2017), jumlah kendaraan yang melintas di Jalan Lintas Sumatera mulai dari Medan ke beberapa kota seperti Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Parapat dan kota-kota lainnya yang menjadi Jalan Lintas Sumatera masih dipadati mobil pribadi, taksi dan bus.

Pantauan saat melintasi Jalan Lintas dari Parapat ke Medan, banyak pengguna jalan yang memilih jalan pintas seperti lewat Galang atau yang tujuannya ke arah Berastagi, pemudik lebih memilih jalur lintas lewat Haranggaol-Saribu Dolok – Merek – Berastagi. Ada juga jalur lintas Timur yang melewati kota Gunung Tua-Rantauprapat-Kisaran-Lima Puluh dan Tebing Tinggi.

Menurut Juita yang mudik bersama saudaranya ke arah kota Penyabungan, Mandailing Natal menggunakan mobil pribadi menyampaikan bahwa saat melintasi jalan dari Berastagi ke Parapat dan sampai di Balige, lalu lintas padat merayap. Sama halnya saat pulang dari Penyabungan ke Berastagi, kemacetan terjadi di Laguboti dan Parapat.

“Kendaraan yang melintasi jalur lintas Parapat masih padat terutama di sore dan malam hari, karena kami memilih jalur lintas lewat Simalungun atas, kendaraan yang melintasi jalur ini tidak seramai kendaraan yang melalui jalur Pematang Siantar atau Tebing Tinggi,” katanya.

Salah seorang supir Nice Taksi bermarga Manurung menyampaikan, saat berada di kota Pematang Siantar temannya yang sudah lebih awal terjebak macet di Sei Rampah dan Perbaungan menginformasikan agar tidak melalui jalur itu saat menuju Medan.

“Teman yang sudah terjebak macet di Sei Rampah menginformasikan ada dua kecelakaan lalu lintas di jalur itu yang menyebabkan kemacetan panjang,” kata Manurung.

Dengan adanya informasi itu, Manurung memilih jalur lewat jalan lintas Galang dari Tebing Tinggi hingga tembus ke Kota Lubuk Pakam. Jalur ini juga menjadi ramai saat pengguna jalan mendapat informasi kalau jalur jalan lintas lewat Perbaungan macet total terutama di kawasan Pasar Bengkel. 

Pengguna jalan yang hendak melintasi jalur Medan – Perbaungan perlu mencari informasi yang akurat apakah jalur tersebut sudah terbebas dari kemacetan panjang. Jika penguna jalan hendak menuju Kota Tebing Tinggi atau Kota Pematang Siantar dan Parapat bisa memilih jalur lintas lewat Jalan Galang.